Tech

Meta Resmi Rilis Reels di Facebook Secara Global

Jingga Irawan

Posted on February 23rd 2022

Meta meluncurkan Reels di Facebook secara global. Dilansir The Verge, Selasa (22/2), fitur tersebut telah tersedia di iOS dan Android di lebih dari 150 negara.

Selain memperluas akses ke Reels, raksasa media sosial ini menambahkan fitur pengeditan baru ke platform versi Facebook dan memperluas opsi iklan. Namun, sebagian besar fitur itu sudah tersedia di Reels Facebook wilayah AS, Reels Instagram di AS dan lebih dari 50 negara.

Pengguna Facebook Reels dapat me-remix video orang lain (berduet) dan mengunggah klip berdurasi hingga 60 detik, seperti halnya yang ada di Reels Instagram. Selain itu, yang lebih penting, pengguna juga dapat menyimpan draf.

Dalam beberapa bulan mendatang, Meta akan menambahkan alat kliping video baru untuk memudahkan kreator konten yang membuat rekaman video live atau berdurasi panjang demi menguji format yang berbeda.

Meta juga menambahkan lebih banyak iklan monetisasi ke Reels Facebook. Iklan itu terbagi dalam dua format baru: iklan banner yang muncul semi-transparan di bagian bawah Reels Facebook dan iklan stiker statis yang dapat ditempatkan oleh kreator di mana saja di dalam Reels mereka.

Perusahaan juga akan memberi kreator konten di hampir semua negara tempat akses iklan in-stream ke program penempatan iklan otomatisnya dan meluncurkan fitur berbayar. Fitur itu merupakan cara bagi penggemar untuk langsung menyumbang ke kreator konten.

Meta mengatakan, pengguna bisa berbagi Reels di lebih banyak tempat di Facebook, termasuk di Stories dan tab Watch yang tersedia.

Namun, perusahaan tak mengungkap seberapa jauh kesuksesan Reels-nya. Meskipun Meta telah berhasil meniru beberapa fitur Snapchat untuk Instagram, kemampuannya untuk menantang TikTok di dunia video berdurasi pendek masih belum pasti.(*)

 

Foto: Meta

Related Articles
Tech
Bulan Depan, Clubhouse Bakal Ada di Android?

Interest
Terganggu dengan Notifikasi Facebook? Coba Quiet Mode di Aplikasi Versi Mobile

Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp