Tech

Twitter Garap Fitur Baru, Bisa Hapus Tag Username Akunmu dari Thread Orang Lain

Jingga Irawan

Posted on February 22nd 2022

Pengguna Twitter pasti punya pengalaman username terseret ke dalam percakapan yang nggak diinginkan, atau thread yang lagi ramai diobrolin. Notifikasi akun rasanya mau jebol karena perdebatan pengguna lain. Twitter tampaknya memahami masalah tersebut.

Twitter kemungkinan sedang menguji fitur jalan keluar untuk pengguna yang nggak ingin menjadi bagian dari percakapan tertentu.

Penulis dan peneliti Jane Manchun Wong pada Sabtu (19/2), men-tweet tangkapan layar dari fitur baru bernama "Leave This Conversation.”

Seperti yang dijelaskan dalam di tweet-nya, fitur tersebut akan menghapus tag username kalian dari percakapan Twitter, sehingga mencegah orang lain menyebut kalian lagi dalam percakapan tersebut, dan kalian nggak akan lagi dapat notifikasi dari percakapan itu.

Fitur itu terlihat berbeda dari "Mute This Conversation," opsi untuk mematikan pemberitahuan thread yang kalian disebut di dalamnya. Menurut tweet lanjutannya, meninggalkan percakapan akan membuat tag Twitter kalian muncul sebagai teks biasa di tweet tempat kalian disebut, bukan hyperlink yang biasanya dilihat pengguna jika mereka mengetuk tag Twitter kalian.

Langkah itu bisa membuat pengguna lain enggan menarik kalian ke percakapan tambahan dan secara nggak langsung memberi kode kalau kalian sudah nggak lagi tertarik untuk berpartisipasi.

Twitter belum mengonfirmasi apakah sedang menguji fitur tersebut. Tetapi perusahaan terus memperkenalkan cara-cara halus untuk mengontrol bagaimana pengguna lain terlibat dengan akun kalian.

Banyak fitur baru Twitter saat ini memang lebih mengutamakan privasi pengguna. Raksasa media sosial itu baru saja mengenalkan fitur yang menyederhanakan opsi untuk memaksa pengguna lain berhenti mengikuti, serta membatasi balasan dan pemberitahuan ketika akun dengan banyak pengikut me-retweet. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Twitter Lempar Wacana Aneka Pengaturan Privasi, Termasuk Fitur Sembunyikan Akun

Tech
Twitter Akhirnya Uji Fitur ‘Unmention’, Pengguna Bisa Hapus Tag Username Sendiri

Tech
Twitter Uji Coba Twitter Notes, Pengguna Bisa Bikin Konten Panjang Mirip Blog