Tech

Apple Bakal Rilis Empat Mac Baru dengan Chip M2 Tahun Ini

Jingga Irawan

Posted on February 21st 2022

Apple kabarnya akan merilis beberapa Mac baru dengan chip M2 akhir tahun ini. Hal tersebut diungkap buletin Power On yang ditulis Mark Gurman dari Bloomberg. Gurman memprediksi perusahaan bakal memulai debut untuk MacBook Pro 13 inci, Mac Mini, iMac 24 inci, dan MacBook Air dengan desain baru, semuanya dilengkapi chip M2.

Apple belum memberikan petunjuk apa pun tentang keunggulan chip M2, namun menurut Gurman CPU-nya akan lebih cepat daripada M1, dan memiliki delapan arsitektur inti yang sama. Inti grafisnya, dapat melompat dari tujuh atau delapan menjadi sembilan atau 10.

Pada 2023, Apple juga diprediksi merilis versi Pro dan Max dari chip M2 serta mengumumkan Chip M3 baru.

Saat ini, sudah lebih dari setahun sejak Apple pertama kali mengumumkan chip M1 internal pertamanya pada November 2020, dan beberapa bulan sejak debut M1 Pro dan M1 Max. Chip komputer M1 legendaris Apple mengubah seluruh lanskap jajaran Mac dari perusahaan. Prosesor 5nm berbasis ARM adalah chip tercepat untuk komputer dari Apple, yang diklaim lebih baik dari rilis perangkat Mac sebelumnya yang didukung Intel.

Sejak itu, Apple tak menggunakan lagi chip Intel dan mengubah perangkatnya ke chip Silicon baru, yang dibuat dan juga dikembangkan oleh perusahaan. MacBook Pro 13-inci dan MacBook Air adalah dua perangkat pertama yang mengalami perubahan.

Menurut laporan Mark Gurman juga, Apple akan merilis Mac baru pada bulan Maret, dan pada bulan Mei atau Juni. Apple sudah diperkirakan akan merilis iPhone SE 5G, iPad Air 5G, dan kemungkinan satu Mac baru pada event 8 Maret.

Acara tersebut kabarnya juga diatur untuk meluncurkan iOS 15.4, yang dilengkapi dengan Face ID ramah masker. iPhone 14 dan Apple Watch Series 8 belum memiliki kabar peluncuran sampai akhir tahun ini.(*)

Credit: Apple (dengan modifikasi TechRadar)

Artikel Terkait
Tech
Apple Punya Paten Teknologi Group Selfie untuk Protokol Physical Distancing

Tech
Apple Sebut Lockdown Mode di iOS 16 Bisa Bantu Blokir Spyware

Tech
Apple Resmi Umumkan Hadirnya Audio Lossless Hingga Dolby Atmos