Lifestyle

3 Langkah Instan Meredakan Stres Pas Lagi Hectic, Gampang Banget

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 20th 2022

Buat kalian para hustlers atau kaum supersibuk, pasti ada kalanya merasa stres banget, tapi masih harus mengerjakan banyak hal.

Coba perhatikan dulu deh beberapa tanda-tanda kalau kalian stres. Mulai dari lebih sensitif, sulit mengambil keputusan, terus menunda, membayangkan yang buruk, merasa tidak berdaya, hingga sulit tidur. Nah, ada beberapa langkah simpel yang bisa kalian lakukan buat meredakan stres, seperti yang dilansir Psychology Today.

Pernapasan dengan diafragma

Ambil waktu buat memerhatikan napas kita. Kalau napas diambil dari bagian dada atas, coba mulai rileks dan libatkan bagian bawah dada untuk bernapas. Yup, bagian diafragma dilibatkan agar nafas bisa lebih dalam. Ini perlu dilakukan karena kalau bernapas dengan dada atas, pola napas tersebut meningkatkan perasaan tidak aman dan cemas.

Kamu bisa coba teknik 4-7-8. Ambil nafas selama empat detik, tahan selama tujuh detik, lalu buang selama delapan detik. Lakukan sampai kamu merasa lebih tenang.

Perhatikan napas

Setelah tadi latihan bernapas lebih dalam, teknik kedua adalah memerhatikan napas itu sendiri. Coba duduk di kursi dan pastikan berada di tempat yang tenang. Letakkan tangan di lutut. Fokus ke napas tanpa berusaha mengontrolnya. Rasakan sensasi ketika menghirup dan membuang udara. Ketika muncul distraksi, cukup berkata dalam hati, “Oh, ada distraksi,” lalu kembali fokus. Lakukan 20 menit untuk hasil maksimal.

Body scan

Masih di posisi duduk dan tangan di lutut, kita akan coba meng-scan seluruh bagian tubuh kita mulai dari kaki. Perhatikan bagaimana kaki kita menapak lantai, apakah ada pakaian yang bersentuhan, dan sensasi lain. Lakukan juga untuk bagian tubuh betis, paha, panggul, punggung, dada, tangan, lengan, leher, bahu, dan kepala. Sediakan waktu minimal 30 detik untuk setiap bagian.

Setelah selesai dengan semua bagian tubuh, kembali ke bagian perut bagian bawah, ambil satu atau dua nafas dalam, lalu kembali ke pekerjaan yang sebelumnya dilakukan~

Nah, itu dia beberapa langkah meredakan stres pas lagi mengerjakan sesuatu. Sebaiknya jangan paksakan diri buat terus bekerja saat lagi stres karena bakal lebih banyak energi terpakai buat menyelesaikan tugas tersebut. Selamat melepas stres! (*) 

 

Gambar: jcomp/Freepik

Related Articles
Lifestyle
6 Langkah Menghadapi Tekanan Akademis biar Tetap Bisa Tampil Maksimal

Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Lifestyle
Yang Lain Susah Saat Pandemi, tapi Kita Merasa Baik-Baik Saja? Wajar kok...