Entertainment

Kanye West Bongkar Tracklist Album ‘Donda 2’, Ada Kabar Buruk buat Fans

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 19th 2022

Kanye West baru aja membongkar daftar lagu buat albumnya yang akan datang, Donda 2. Album lanjutan dari Donda itu berisi 22 lagu, tapi gak bisa dinikmati dengan mudah oleh para penggemar.

Melalui unggahan Instagram pada hari ini Sabtu (19/2). Rapper bernama resmi Ye itu membagikan daftar lagu Donda 2 di sebuah kertas. Nih, daftar lagunya.

1. Securim

2. Lift Me Up

3. Get Lost

4. Pablo

5. True Love

6. Keep It Burnin

7. Brokenroad

8. I’m Finna Love Me

9. Sci Fi

10. We Did It Kid

11. Flowers

12. Maintenance

13. 530

14. Mr. Miyagi

15. Selfish

16. First Time

17. Louie Bags

18. Candyland

19. Closed For Bussiness

20. Do I Look Happy?

21. Things Change

22. City of Gods (Fivio Foreign, Kanye West, dan Alicia Keys)

Nah, sayangnya album Donda 2 tidak akan dirilis ke platform streaming seperti album-album sebelumnya. Album ini hanya akan bisa didengar melalui stem player yang dijual rapper tersebut seharga USD 200 (sekitar Rp2,8 juta).

Singkatnya, stem player adalah sebuah perangkat mirip Bluetooth speaker yang bisa memutar audio. Uniknya kita bisa mengatur vokal, drum, bass, dan instrumen lain untuk menciptakan pengalaman mendengar yang lebih spesial. Stem player itu bisa didapatkan melalui web stemplayer.com, tapi web tersebut belum melayani pengiriman secara global.

“Aku menolak perjanjian senilai jutaan dolar dengan Apple. Tidak ada yang bisa membayarku untuk tidak dihargai. Kami menentukan harga sendiri untuk karya kami. Perusahaan teknologi membuat musik menjadi gratis sehingga kalau kamu tidak menjual merchandise, sneakers, dan tur konser, kamu tidak bisa makan,” ujarnya melalui caption salah satu unggahannya.

Kanye menyebut bahwa saat ini artis hanya menerima 12% dari keuntungan yang dihasilkan karya mereka jika dipublikasikan melalui platform streaming. Dari situ deh rapper kelahiran 44 tahun lalu itu memasarkan stem player. Well, kabar yang cukup mengecewakan buat fans internasional ya.

Donda 2 akan diluncurkan pada 22 Februari mendatang. Buat kalian yang gak bisa mendapatkan stem player, sabar ya. (*)

 

Gambar: David Livingston/GI

Artikel Terkait
Entertainment
Kanye West Tak Sertakan Album ‘Donda 2’ di Stem Player, Fans Heran

Entertainment
Kanye West Umumkan Tanggal Peluncuran Album ‘Donda 2’, Tanggal Cantik!

Entertainment
Kanye West Unggah Daftar Lengkap Nama Pihak yang Pernah Berselisih Dengannya