Tech

Volkswagen Berencana Beli Unit Mengemudi Otonom Huawei

Jingga Irawan

Posted on February 19th 2022

Industri otomotif dan teknologi bakal melihat kerja sama besar sebentar lagi. Dilansir TechCrunsh pada Sabtu (19/2), Volkswagen (VW) berencana mengakuisisi unit mengemudi otonom (autonomous driving) milik Huawei yang baru lahir seharga miliaran euro.

Unit otonom Huawei beridiri pada 2019 dan berada di bawah unit bisnis solusi kendaraan pintar milik perusahaan tersebut. Pendirian mobil pintar memicu banyak spekulasi mengenai apakah Huawei akan mengembangkan mobilnya sendiri, meskipun perusahaan telah berulang kali membantahnya. Tampaknya, Huawei hanya ingin memasok komponen untuk merek mobil.

Tahun lalu, perusahaan yang berbasis di Shenzhen itu memamerkan solusi mengemudi otomatisnya yang telah dipasang di sedan produksi massal Arcfox, merek mobil listrik baru di bawah produsen mobil Tiongkok BAIC. Saat itu, Huawei memasok chipset sedan listrik dan sistem operasi dalam mobil.

Bagi VW, sebuah perusahaan teknologi dengan kemampuan mengemudi otonom dapat membantu memajukan ambisinya untuk membuat kendaraan masa depan.

VW juga telah menjalin kemitraan dengan Argo AI, sebuah startup berbasis di Pittsburg yang didukung oleh Ford dan VW. September lalu, keduanya meluncurkan produk pertama dari usaha bersama, sebuah EV van berteknologi self-driving.

Kabar VW sedang mencari mitra teknologi serupa di Tiongkok tak mengejutkan. Pasalnya, negeri bambu itu merupakan pasar terbesarnya pada 2020. Sejumlah perusahaan kendaraan otonom Tiongkok telah memiliki hubungan kerja sama yang kuat. Baidu misalnya, memiliki kerja sama dengan Geely dan Didi memiliki JV dengan BYD.

Kabar akuisisi datang saat masa-masa sulit bagi tim otonom Huawei. Su Jing, mantan kepala produk mengemudi otonom perusahaan Tiongkok, meninggalkan perusahaan pada Januari setelah dianggap membuat komentar tak pantas tentang Tesla. Dia menuduh kecelakaan yang berkaitan dengan autopilot sebagai sebagai bentuk membunuh orang.

Akuisisi bisnis mengemudi otonom Huawei juga tak akan murah. Unit mobil pintar perusahaan memiliki rencana untuk menghabiskan USD 1 miliar untuk penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahun 2021. Perusahaan juga berencana untuk membangun tim R&D yang memiliki 5.000 staf, dengan lebih dari 2.000 di antaranya bekerja pada unit mengemudi otonom sendiri. (*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Perusahaan Tiongkok Berlomba Kuasai Pasar Sensor Lidar untuk Mobil Otonom

Tech
VW ID Buzz, EV Bergaya Microbus dengan Teknologi Self-Driving

Tech
Beralih ke Listrik, Mulai 2035 VW Setop Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil di Eropa