Esports

Mobile Legends dan PUBG Mobile Resmi Dipertandingkan di WEC 2022

Dika Afandi N

Posted on February 17th 2022

Federasi Esports Internasional yaitu IESF akan menggulirkan turnamen esports kelas dunia yaitu World Esports Championship (WEC) 2022. Turnamen ini akan dihelat di pulau Dewata, Bali. Rencananya WEC 2022 akan berlangsung 27 November hingga 9 Desember dan diikuti total 120 negara.

Tepat pada Rabu (16/2), IESF telah mengumumkan game yang akan dipertandingan di World Esports Championship 2022 melalui halaman Instagram-nya. Total ada 6 game, yaitu CS:GO, DOTA 2, Tekken 7, eFootball PES, PUBG Mobile, dan Mobile Legends. Untuk PUBG Mobile dan Mobile Legends ini akan menjadi pertama kalinya untuk dua game tersebut dipertandingkan di kejuaraan bergengsi ini. Sebab, CS:GO, DOTA 2, Tekken 7, dan eFootball PES terlebih dahulu dipertandingkan di WEC 2021, Eilat, Israel.

Pemilihan game Mobile Legends ini karena game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) cukup populer di Kawasan Asia Tenggara khususnya di Indonesia. Selain itu, IESF mengadakan WEC 2022 ini mengusung misi untuk memperkenalkan esports di kancah dunia

“Penyertaan dari keenam game spektakuler di Kejuaraan dunia Esports 2022 ini mendukung misi kami untuk bersatu, saling dukung dan memperkenalkan keluarga esports dunia" tegas Boban Totavski, Sekretaris Jenderan IESF.

Selain hadirnya dua game baru di World Esports Championship 2022, IESF juga menghadirkan kategori wanita untuk game CS:GO kali ini. ini merupakan wujud upaya IESF agar esports bisa lebih terbuka agar tidak dimainkan oleh kaum Adam saja.

Beberapa tahun belakangan, memang turnamen esports wanita memang kerap digelar. Seperti Woman Star League (WSL) untuk game Mobile Legends. Sedangkan developer PUBG Mobile yaitu Tencent juga turut menghadirkan turnamen wanita di PUBG Mobile Professional League (PMPL) South East Asia pada tahun 2021 lalu. Dari dua turnamen itu wanita itu berhasil mendapatkan respon positif dari komunitas gamers tanah air.

Untuk registrasi, tiap federasi di negara-negara yang memiliki perwakilan IESF bisa mendaftar pada 20 Februari mendatang. Proses kualifikasi akan dilakukan dengan platform mobile, PC dan konsol. (*)

Foto: IESF

Artikel Terkait
Esports
Resmi Bergulir, Oxtrade Tournament Season 2 Pertandingkan 5 Game

Esports
Yamisok x Oxtrade Bikin Turnamen Esports Sekaligus Belajar Trading

Esports
Perusahaan asal Jepang Buat Alat Pemijit untuk Hindari Cedera Pemain Esports