Tech

Upgrade Windows 11 Hadir dengan Preview Dukungan Aplikasi Android

Jingga Irawan

Posted on February 16th 2022

Microsoft akhirnya menghadirkan aplikasi Android untuk sebagian besar pengguna Windows 11, meskipun terlambat beberapa bulan dari tanggal resmi peluncuran OS-nya sendiri.

Seperti yang dijanjikan pada bulan Januari, perusahaan meluncurkan upgrade Windows 11 pertamanya dengan preview dari Amazon Appstore untuk pengguna AS.

Rilis awalnya menyediakan sekitar 1.000 aplikasi, termasuk aplikasi Audible dan Kindle milik Amazon serta beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Lords Mobile dan Khan Academy Kids. Pilihannya memang tak sebanding dengan Google Play Store, tetapi bisa menyesuaikan tampilan antara PC dan ponsel.

Pembaruan itu juga menawarkan peningkatan fitur OS-nya di luar dukungan Android. Bilah tugas Windows 11 sekarang memungkinkan pengguna Microsoft Teams dengan cepat membisukan panggilan atau berbagi tampilan jendela apa pun.

Tampilan untuk tanggal dan waktu sekarang juga hadir di monitor kedua, sementara komponen bilah tugas widget cuaca menampilkan informasi langsung. Microsoft juga telah mengubah Media Player dengan fokus pada perpustakaan musik berfitur lengkap. Di sisi lain, upgrade tersebut juga menghadirkan Notepad dengan mode gelap, menu yang lebih sederhana, dan fitur seperti undo multi-level.

Pembaruan ini mungkin terlihat sangat kecil dan tak mempengaruhi pilihan kalian untuk menginstal Windows 11. Namun, Microsoft saat ini tampaknya memang fokus untuk menghadirkan UI/UX yang lebih tepat bagi pengguna.(*)

Foto: Microsoft

Artikel Terkait
Tech
Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Tech
Finally! Microsoft Umumkan Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android

Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti