Interest

4 Makanan yang Wajib Kamu Batasi Biar Tidak Mudah Berjerawat

Dwiwa

Posted on February 15th 2022

Jika kalian berpikir bahwa perawatan kulit hanyalah tentang apa yang kalian gunakan pada wajah, itu salah besar. Dermatologis mengatakan apa yang kita masukkan ke dalam tubuh juga bisa memiliki peran yang sama pentingnya.

"Jerawat dipicu oleh diet dan jika kalian tidak mengontrol jumlah susu dan karbohidrat yang dikonsumsi, jerawat mungkin tidak terkendali," kata Dr. Lily Talakoub, dokter kulit di McLean Dermatology, dalam TikTok seperti dilansir dari Insider.

Menurut para ahli, makanan olahan seperti susu, whey protein, roti tawar putih, dan makanan tinggi gula dapat meningkatkan jerawat. Dokter kulit juga mengatakan alergi makanan pun bisa memicu jerawat.

Berikut empat jenis makanan yang sebaiknya kamu batasi agar wajah tidak mudah berjerawat.

Produk susu

Para ahli mengatakan susu, terutama produk yang terbuat dari susu sapi, dapat menyebabkan jerawat. Menurut Renée Rouleau, ahli kecantikan selebritas yang pernah menangani bintang seperti Demi Lovato, Lili Reinhart, dan Madelaine Petsch, kandungan hormon dalam susu bisa jadi penyebabnya.

"Hipotesisnya adalah karena mayoritas susu di AS berasal dari sapi hamil (dan beberapa sapi diberi hormon pertumbuhan), kadar hormon dalam susu mungkin berperan dalam produksi sebum berlebih, yang memicu jerawat," kata Rouleau kepada Byrdie.

Susu juga merupakan makanan sensitif yang umum bagi banyak orang, karena 68 persen dunia tidak toleran laktosa. Menurut sebuah studi tahun 2010 di Science of the Total Environment, alergi dan sensitivitas makanan yang ringan dapat bermanifestasi sebagai jerawat dan peradangan.

 

Minuman manis dan makanan cepat saji

Menurut Dr. Muneeb Shah, dokter kulit dengan lebih dari 12 juta pengikut di TikTok, kandungan gula olahan yang tinggi dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan jerawat. American Academy of Dermatology menyatakan makanan dan minuman manis dapat menyebabkan gula darah kita melonjak, menciptakan respons jerawat hormonal.

 

Roti tawar putih

Menurut Dr. Yorum Harth, dokter kulit bersertifikat dan spesialis fototerapi jerawat, roti tawar putih dapat menyebabkan jerawat karena merupakan makanan dengan indeks glikemik tinggi, artinya menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat dengan cepat.

"Ini mengarah pada pembesaran kelenjar minyak sebaceous, lebih banyak produksi sebum (minyak), dan akhirnya, lebih banyak jerawat," kata Harth kepada MDacne.

 

Whey Protein

Whey Protein, yang biasa ditemukan dalam bubuk protein, diketahui memicu jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan, kata dokter kulit yang berbasis di NYC, Dr. Joyce Park dalam sebuah TikTok.

Mirip dengan roti putih, whey protein adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi yang meningkatkan kadar gula darah tubuh, yang menyebabkan lebih banyak minyak menumpuk yang dapat menyumbat pori-pori.

 

Foto:Pixabay/Kjerstin_Michaela

Artikel Terkait
Interest
Biar Badan Nggak Melar, Begini Cara Jitu Jaga Pola Makan Usai Ramadhan

Lifestyle
Tak Perlu Ribet, Ini Cara Gampang Turunkan Berat Badan

Lifestyle
Diet Mediterania Jadi yang Terbaik di 2021, Apa Sih Kelebihannya