Hobi

Anti Toksik, Ini Loh Etika Bermain Game Online yang Perlu Kamu Tahu!

Dwiwa

Posted on February 14th 2022

Hayo jujur, siapa nih yang kalau main game online jadi player yang toksik banget di tim? Kerjaannya cuma marah-marah terus. Mengeluarkan kata-kata kasar dan tidak pantas kepada teman satu tim atau bahkan pemain lawan. Tidak jarang juga menghina dengan membawa-bawa SARA.

Padahal kan niat kita untuk bermain game adalah bersenang-senang, melepas beban setelah lelah dengan kenyataan ya. Adanya manusia-manusia toksik ini tentu membuat kita sangat tidak nyaman saat bermain game.

Meskipun tidak ada aturan tertulis soal bermain game online, sebenarnya ada etika yang harus dipatuhi oleh para pemain. Etika ini berguna untuk membuat suasana saat bermain game online bisa tetap asyik dan menyenangkan.

Lalu apa saja etika tersebut? Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, berikut beberapa etika yang perlu kamu pahami.

 

1. No cheat, sportive only

Sangat menyebalkan ketika kita bermain game online dan ada lawan atau teman yang menggunakan cara curang untuk bisa mendapatkan kemenangan. Padahal, melakukan kecurangan dalam game alias cheating itu punya risiko besar loh.

Dalam beberapa game tertentu, ada hukuman serius bagi player yang ketahuan curang. Paling parah, akun yang kalian miliki bisa kena banned dari game tersebut. Ingat ya, curang itu pilihan, bukan kesalahan.

 

2. Jangan diskriminatif

Jaringan internet telah membuat pemain dalam suatu game online berasal dari berbagai wilayah. Sangat mungkin saat bermain kalian bertemu dengan player dari gender, suku, ras, hingga negara yang berbeda.

Jangan beda-bedakan dari mana asal mereka dan tetaplah bermain dengan adil tanpa diskriminasi. Hal ini tentu akan membuat kamu mendapatkan respect dari player lainnya.

 

3. Kurangi berkata kasar

Kayaknya di jaman seperti sekarang ini menggunakan kata-kata kasar sudah bukan hal yang tabu seperti jaman dahulu. Tidak jarang hal ini juga terbawa saat kita sedang bermain game.

Tetapi perlu kamu ingat bahwa dalam game online itu seperti saat kita sedang berada di tempat umum. Para pemainnya bukan hanya orang dewasa, tetapi kadang ada anak kecil yang juga ikut bermain. Karena itu, ngomong kasarnya direm dulu ya guys.

 

4. Jangan spam chat

Memberikan arahan teman satu tim menggunakan chat memang sangat membantu saat sedang mabar alias main bareng. Tetapi jika kamu terlalu sering mengirimkan chat alias melakukan spam, itu justru akan menjadi boomerang. Bukannya jadi kompak, tim kalian malah justru jadi terganggu dan malas untuk bermain.

 

5. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Meskipun hanya sepele, tetapi mengucapkan terima kasih kepada teman satu tim maupun lawan usai permainan juga perlu dilakukan lho! Ini bisa menjadi bentuk apresiasi atas permainan yang menyenangkan terlepas dari kalah atau menang.

Selain itu, ucapan terima kasih juga bisa membuat kamu jadi lebih akrab dengan pemain lain. Siapa tahu bisa berlanjut jadi teman di dunia nyata. (*)

 

Ilustrasi: Pexels/Tima Miroshnichenko

Artikel Terkait
Interest
Netflix Beli Studio Video Game, Luncurkan 5 Game Mobile di Eropa

Interest
Wow, Ternyata Warga Indonesia Habiskan 2 Miliar Dolar Setahun untuk Belanja Game

Hobi
Setelah Blokir PUBG Mobile, India Kini Rilis Fau-G, Versi "Lokal" dari PUBG