Korea

BoA dan Karina aespa Dikritik karena Komentar Soal Warna Kulit Hyoyeon SNSD

Delima Pangaribuan

Posted on February 13th 2022

Anggota supergroup SM Entertainment GOT The Beat dikritik soal komentar warna kulit. Khususnya BoA dan Karina aespa. Kritik itu muncul lantaran keduanya mengomentari warna kulit Hyoyeon SNSD dalam video QnA di YouTube. Fans internasional menganggap hal tersebut kurang pantas, meskipun sepertinya kerap terjadi di masyarakat Korea.

Dilansir Koreaboo, skandal tersebut bermula dari video QnA member GOT The Beat yang diunggah 9 Februari lalu. Member GOT The Beat dibagi ke tiga kelompok. Satu kelompok terdiri dari BoA, Hyoyeon SNSD, dan Karina aespa. Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang datang dari fans.

Salah satu pertanyaan yang didapatkan kelompok ini adalah mendeskripsikan impresi pertama satu sama lain dalam lima suku kata Korea. Nah, BoA spontan menjawab "dia sangat hitam" yang ditujukan untuk Hyoyeon.

Maksud BoA adalah, saat pertama kali kenal Hyoyeon lebih dekat, kesan yang BoA tangkap adalah kulit Hyoyeon lebih gelap. Mendengar jawaban itu, ketiganya tertawa. Bahkan Hyoyeon langsung bertanya sambil guyon, "Kenapa aku dulu hitam, ya?" 

Meski terdengar bercanda, tapi penonton merasa terganggu. Kesannya BoA dan Karina aespa menertawakan soal warna kulit yang lebih gelap. Di Korea sendiri, masyarakat percaya bahwa cantik itu berarti berkulit putih. Nggak heran bahwa candaan semacam ini kerap ditemui di Korea, tapi penonton internasional tetap merasa hal tersebut problematis.

Banyak yang kemudian mengungkapkan kekecewaan dan kritik terhadap BoA dan Karina aespa secara khusus, serta kepada stereotip di kalangan warga Korea secara umum.

"Luar biasa melihat mereka bisa berkomentar semacam ini dengan alaminya bahkan setelah mereka melihat banyak artis terlibat kontroversi karena warna kulit dan ras. Ini nggak masuk akal bagiku. Pada titik ini mereka secara sadar berperilaku seperti ini dan mereka nggak peduli," ungkap warganet Twitter @SpookyRiality.

Ada juga yang menganggap hal ini terlalu sulit diubah. Warganet asal Asia @seokiology mengaku anggapan soal warna kulit ini memang sudah seperti rahasia umum, bukan hanya di Korea tetapi kebanyakan negara Asia Timur juga. "Aku paham bahwa (pemikiran) itu terpatri dalam kepala mereka. Aku sendiri orang Asia Selatan. Tapi sejujurnya ini mulai memuakkan sekarang," cuitnya seperti dikutip Koreaboo. 

Meski mendapat banyak kritik, baik SM Entertainment maupun member GOT The Beat yang bersangkutan memberikan pernyataan resmi atau berkomentar soal kontroversi tersebut. (*)

(Foto: YouTube)

Related Articles
Korea
Sambut Girls On Top, Grup 'Gado-gado' Baru SM Entertainment

Korea
Pertama Kalinya Gabung Grup, Begini Perasaan Solois BoA

Korea
Aktor Squid Game Asal Filipina Ceritakan Pengalaman Rasisme di Korsel