Current Issues

Serba-Serbi Vaksin Merah Putih Unair yang Sudah Dapat Sertifikat Halal

Dwiwa

Posted on February 12th 2022

Di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, ada kabar gembira soal vaksin Merah Putih yang dikembangkan anak bangsa. Setelah melewati serangkaian uji praklinik, akhirnya pada Rabu (9/2) vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga telah memulai uji klinis tahap pertama.

Vaksin Merah Putih ini sendiri merupakan hasil kerja sama dari Universitas Airlangga, PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo. Menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, vaksin tersebut diproyeksikan bukan hanya sebagai booster dan vaksin anak, tetapi juga untuk donasi internasional.

Dilansir dari situs Sehat Negeriku miliki Kemenkes, Budi mengungkapkan harapan agar vaksin ini bisa menembus negara dengan populasi agama Islam. Karena itu, setelah proses uji klinik, vaksin Merah Putih harus sesegera mungkin menempuh proses registrasi

Lalu, seperti apa fakta-fakta terbaru dari vaksin Merah Putih Unair ini?

 

1. Sudah kantongi izin BPOM untuk uji klinis fase 1

Uji klinis yang dilakukan terhadap vaksin Merah Putih Unair sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada awal Februari lalu. Dalm konferensi pers pada Senin (7/2), Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan jika persetujuan pelaksanaan uji klinik (PPUK) untuk vaksin karya anak bangsa ini telah diberikan.

Pemberian persetujuan ini dilakukan setelah hasil studi nonklinik yang meliputi keamanan dan imunogenitas pada hewan coba menunjukkan hasil yang baik. Vaksin terbukti aman dan dapat ditoleransi dengan baik. Selain itu juga tidak ada kematian dan kelainan organ pada hewan uji.

Soal imunogenitas pun, vaksin ini juga memberikan hasil yang positif. Ada respon imun yang menunjukkan tanda terbentuknya antibodi setelah vaksin diberikan.

Untuk uji klinis tahap pertama, akan ada sekitar 90 orang dewasa yang menjadi target untuk melakukan uji klinik. Kemudian pada bulan berikutnya akan memasuki uji klinik tahap kedua dengan kurang lebih 400-500 orang. Lalu pada April diharapkan bisa masuk uji klinis tahap 3 dengan peserta yang lebih banyak lagi.

Jika semua uji klinis menunjukkan hasil positif, diharapkan izin penggunaan darurat dapat diberikan pada  pertengahan  2022. Setelah itu, masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan vaksin ini, baik sebagai vaksin primer atau pun booster.

 

2. Sudah mendapatkan  sertifikat halal

Meskipun masih dalam tahap uji klinik, tetapi vaksin Merah Putih ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketetapatan halal itu ditetapkan pada 7 Februari 2022 setelah melalui sidang Pleno Komisi Fatwa MUI yang dipimpin Ketua MUI Fatwa Asrorun Niam.

Dilansir dari Antara, Direktur Utama Lembaga Pengkajian Pangan, obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI Muti Arintawati mengatakan sejak awal dikembangkan pihaknya sudah dilibatkan. Proses audit juga sangat singkat.

Pendaftaran dimulai pada 14 Januari 2022, kemudian dilakukan pemeriksaan administratif, kelengkapan, dan audit langsung ke lapangan di bulan yang sama. Kemudian keputusan penetapan halal diberikan pada 7 Februari 2022.

 

3. Bakal digunakan untuk booster, vaksin anak balita, dan donasi

Jika nanti semua tahap uji klinis menunjukkan hasil yang baik, rencananya vaksin Merah Putih Unair dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia ini bakal digunakan sebagai booster, vaksin anak dan juga donasi. Budi mengatakan jika utamanya vaksin akan digunakan untuk anak usia 3- 6 tahun.

Selain itu, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, Vaksin Merah Putih juga akan dijadikan donasi dari pemerintah untuk negara lain yang memerlukan vaksin halal, misalnya Afrika. Karena itu, dia berharap bisa dilakukan registrasi secepat mungkin ke Organusasi Kesehatan Dunia agar levelnya ada di tingkat internasional. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Vaksin Merah Putih Diklaim Kompatibel dengan Varian Terbaru

Current Issues
Masuk Uji Klinis Fase 3, Vaksin Merah Putih Unair Disebut Bisa Lawan Varian Baru

Current Issues
Good News, Hasil Uji Praklinik Pertama Vaksin Covid-19 Unair Menjanjikan