Korea

Analis Bisnis Luruskan Soal Anggapan Miring HYBE dan BTS

Orang-orang bilang HYBE cuma sukses karena BTS. Padahal...

Delima Pangaribuan

Posted on February 12th 2022

Di tengah kesuksesan HYBE Corporation (dulu Big Hit Entertainment) dan BTS sekarang, masih saja ada orang yang nyinyir. HYBE dianggap sukses hanya karena punya BTS. Coba kalau bukan BTS, mana bisa HYBE jadi sebesar ini? Begitulah kira-kira.

Namun, seorang analis bisnis membantah anggapan miring tersebut. BTS memang punya andil besar dalam membuat HYBE sukses, tapi bukan satu-satunya. Seperti diberitakan AllKpop, seorang analis bisnis Korea Selatan bernama Choi Jung Woo menjelaskan alasan mengapa statement atau anggapan miring tersebut salah.

Melalui video YouTube, Choi Jung Woo mengungkapkan bahwa HYBE Entertainment sebagai perusahaan kini masih terus berkembang. Mereka tidak lagi berperan sebagai agensi hiburan semata seperti saat masih bernama Big Hit. "Memang benar BTS sangat signifikan dan esensial bagi mayoritas pendapatan perusahaan. Pada 2021, BTS menyumbangkan 60 persen pendapatan HYBE, tapi berarti kita harus lihat bahwa 40 persennya berasal dari sumber selain BTS," jelasnya.

Choi Jung Woo memaparkan data sejak 2019 sebagai perbandingan. Pada 2019, 97 persen pendapatan HYBE datang dari BTS. Pada 2020, persentasenya menjadi 85 persen. Tahun 2021, persentasenya menurun lagi jadi 60 persen. Melihat data ini, Choi Jung Woo menilai bahwa HYBE sudah bisa meningkatkan pendapatan dari sektor lain seiring dengan perkembangan bisnis mereka. Salah satunya melalui akuisisi IP (intellectual property) artis.

Penyumbang pendapatan besar lainnya adalah Weverse, yang kini menjadi pilar penting HYBE layaknya BTS. Weverse merupakan komunitas fans online untuk menjembatani komunikasi antara idol dengan fans maupun antar sesama fans sendiri. Weverse kini telah menampung puluhan artis, termasuk artis dari perusahaan rival seperti BLACKPINK. "HYBE saat ini masih terus berkembang dan membentuk formasi bisnis melalui diversifikasi," lanjut Choi Jung Woo.

Tuh, ada yang masih berani bilang HYBE cuma punya BTS untuk sukses? (*)

(Foto: AllKpop, YouTube)

Related Articles
Korea
V BTS Akan Gugat YouTuber yang Sebarkan Rumor tentang Idol Kpop

Korea
Detektif ARMY, Coba Pecahkan Hint Comeback BTS Ini  

Korea
MV ‘MIC Drop’ (Steve Aoki Remix) Milik BTS Capai 1,2 Miliar Views