Entertainment

'Death on the Nile' Dilarang Tayang di Lebanon dan Kuwait, Kenapa?

Jingga Irawan

Posted on February 12th 2022

Lebanon dan Kuwait tak mengizinkan penayangan Death on the Nile. Menurut Deadline, pelarangan tersebut sebagai bentuk protes terhadap salah satu bintangnya, Gal Gadot.

Aktris berusia 36 tahun itu bertugas di militer selama dua tahun sebelum menjadi model dan pemain film. Gal berasal dari Israel dan negara tersebut mewajibkan pemuda-pemudinya ikut program bela negara dengan masuk militer selama beberapa tahun. 

Mengingat hubungannya dengan IDF (lembaga dinas Gal Gadot), Lebanon juga sebelumnya memblokir film Wonder Woman  yang rilis pada Mei 2017. Pada saat itu, aksi boikot tersebut dikabarkan merupakan permintaan kelompok Campaign to Boycott Supporters for Israel-Lebanon. Tak hanya Lebanon, Wonder Woman juga dilarang di Qatar.

Hal tersebut tentu berdampak pada sekuelnya, Wonder Woman 1984, yang juga dilarang di Lebanon, namun, pada saat itu bioskop-bioskop Kuwait ditutup pada saat itu selama pandemi.

Death of the Nile sedang dirilis di seluruh Timur Tengah dan wilayah Asia lain pada akhir pekan ini. Dan tak ada permintaan yang dibuat oleh Lebanon atau Kuwait untuk pengeditan apa pun.

The Daily Mail, yang pertama kali mempublikasi tentang larangan Death on the Nile di Kuwait, mengutip surat kabar lokal Al-Qabas yang mengatakan bahwa negara memutuskan melarang film adaptasi dari Agatha Christie tersebut karena protes di media sosial.

Surat kabar itu juga mengutip sumber resmi negara yang mengatakan bahwa mereka tak akan mendukung film yang dibintangi oleh seorang mantan prajurit di tentara pendudukan Zionis.

Pada Mei 2021, Gadot menonaktifkan komentar Twitter atas tweet tentang konflik serangan roket Israel–Hamas. Pesan persatuan yang diunggah oleh aktris itu dianggap sebagai propaganda Israel.

Terlepas dari itu semua, Death on the Nile adalah salah satu dari sedikit film AS yang akan dirilis di Tiongkok (19 Februari) setelah beberapa film Hollywood terkenal tak bisa menembus negara tersebut.

Death on the Nile diharapkan menjadi No. 1 di box office domestik akhir pekan dengan sasaran pasar para remaja. Film tersebut telah tayang di Indonesia 9 Februari lalu dan rilis di bioskop AS pada 11 Februari.

Foto: Disney

Artikel Terkait
Entertainment
Asyik, “Wonder Woman 1984” Bakal Rilis di Bioskop dan HBO Max Natal Tahun Ini

Entertainment
Diundur, Wonder Woman 1984 Bakal Dirilis di Bioskop Saat Natal

Entertainment
‘Wonder Woman 3’ Direncanakan Mulai Syuting Tahun Depan