Tech

Google Rilis Developer Preview Pertama Android 13, Apa yang Baru?

Jingga Irawan

Posted on February 11th 2022

Developer preview pertama untuk Android 13 baru saja dirilis. Dalam preview tersebut terlihat beberapa petunjuk menarik tentang fokus Google untuk pembaruan OS selulernya tahun ini. Di antaranya opsi tema dan privasi yang ditingkatkan, kontrol bahasa baru, serta banyak upgrade untuk fitur back-end.

Tampilan awal ini ditujukan untuk developer, ya. Bukan pengguna akhir. Jadi sebaiknya, kalian menunda upgrade hingga perangkat lunak hadir dalam versi yang lebih baik.

Setelah fokus Android 12 pada tema kustom Material You, Android 13 memperluas ikon aplikasi yang bisa diubah-ubah ke semua aplikasi, bukan hanya Google.

Fitur ikon bertema memungkinkan ikon aplikasi memiliki warna yang cocok dengan wallpaper kalian, selama pengembang aplikasi menyediakan ikon aplikasi monokromatik yang kompatibel. Jadi, pembaruan Android mendatang bakal pas banget sama kalian yang suka menghias tampilan smartphone nih.

Fitur tersebut hadir lebih dulu untuk perangkat Pixel, tetapi Google mengatakan sedang kerja sama dengan produsen lain untuk merilisnya secara lebih luas.

Ada juga penyesuaian Android menangani izin dan keamanan. Tools untuk memilih foto akan memungkinkan pengguna berbagi foto dan video dengan aplikasi individual tanpa aplikasi memerlukan izin untuk melihat semua foto yang kalian miliki di smartphone. Di sisi lain, Google berencana untuk membawa fitur ini ke semua ponsel yang menjalankan Android 11 dan lebih tinggi.

Selain itu, izin Wi-Fi baru akan memungkinkan aplikasi untuk menemukan dan terhubung ke titik Wi-Fi tanpa memerlukan izin lokasi, serta preferensi bahasa kini memiliki opsi untuk setelan berdasarkan aplikasi (berguna untuk pengguna multibahasa).

Google juga mengatakan terus fokus dalam inisiatif Project Mainline untuk memberikan lebih banyak pembaruan melalui Google Play.

Google mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk merilis tampilan pertama versi developer Android 13 selama bulan Februari dan Maret dan transisi ke rilis beta sekitar bulan April. Diperkirakan, Android 13 akan stabil sekitar bulan Juni atau Juli, menjelang rilis resmi di akhir tahun.

Mudah-mudahan, pembaruan tahun ini berjalan lebih lancar daripada Android 12 ya gengs, yang kabarnya nih punya banyak masalah stabilitas di beberapa perangkat.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Google Pixel Bisa Rekam & Upload Video Otomatis dalam Keadaan Darurat