Korea

ARMY Analisis Postingan RM dan J-Hope BTS, Bakal Ada Project Baru?

Delima Pangaribuan

Posted on February 10th 2022

ARMY bukan sekadar fandom biasa. Banyak juga yang berbakat jadi detektif dan pakar cocokologi. Temuan terbaru ARMY adalah kemungkinan project baru atau comeback dari grup kesayangan mereka. Atau mungkin dari sebagaian member

Seperti diberitakan Koreaboo, ARMY mengumpulkan sedikit bukti yang mendukung teori mereka soal adanya project baru BTS. Teori ini berangkat dari postingan Instagram RM dan J-Hope. 

Pada 5 Februari, J-Hope mengunggah tiga foto story dari dalam studionya. Masing-masing foto disertai satu kata sebagai caption. Yang pertama 'gift', kemudian 'for', dan yang terakhir 'ME' dengan tanda petik. Jika digabung, jadinya membentuk kalimat 'gift for ME' atau hadiah untukku.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya pada 9 Februari, RM mengunggah foto juga dalam feed. RM memperlihatkan hasil karya seniman Yoon Hyup di atas kanvas putih. Kalau diperhatikan, karya ini menampilkan siluet tujuh orang yang bisa diartikan sebagai BTS. RM melengkapi postingan tersebut dengan caption singkat, 'WE'. Juga dengan tanda petik.

Fans pun mulai bercocokologi. Mereka yakin dua postingan ini berkaitan. Menurut ARMY, ME dan WE berhubungan karena merupakan cerminan satu sama lain. ME kalau dibalik ke bawah jadi WE. Hal ini dikenal juga dengan istilah ambigram, yakni dua kata yang merefleksikan dua hal berbeda. Misal antara masa lalu dan masa depan.

Cocokologinya kurang nendang? Tenang... ARMY juga menemukan kecocokan lain. Tulisan ME dan WE memiliki 'hidden space' yang membentuk logo BTS, lho. Nggak percaya? Coba perhatikan ruang kosong antara M dan W yang diletakkan atas-bawah.

Kenapa fans terkesan 'terobsesi' dengan cocokologi bolak-balik atau mirroring ini? Soalnya ini bukan pertama kalinya BTS menggunakan ambigram. Sebelumnya, mereka juga bermain ambigram untuk lagu Save Me dan I'm Fine. Tulisan Save Me ditulis sedemikian rupa sehingga ketika dibalik, bacanya jadi I'm Fine.

"Aku baru sadar Hobi (J-Hope) posting story IG dengan kata ME dan Namjoon (RM) posting foto dengan kata WE di caption, apakah ini petunjuk comeback??? Ini seperti bayangan satu sama lain antara Save Me dan I'm Fine," cuit seorang fans @mpeachyungs di Twitter.

Apakah tebakan ARMY kali ini benar? (*)

(Foto: Koreaboo)

Artikel Terkait
Korea
BTS Ingin Pakai Konsep Natural dan Santai di Album Baru

Korea
Punya Kulit Mulus, Ternyata Ini Skincare Andalan Jungkook

Korea
BTS Siapin Album Self-Produce, Ini Role Mereka Masing-masing