Korea

Love and Leashes: Angkat Fetish Dibalut Komedi hingga Stereotip Perempuan Korsel

Delya Oktovie Apsari

Posted on February 8th 2022

 

Ketika teaser Love and Leashes beredar, banyak penggemar film Korea, Netflix maupun SNSD yang terkejut karena temanya. Soalnya, Love and Leashes mengangkat tema sexual fetish dan dibintangi oleh Seohyun SNSD -- yang imejnya adalah 'anak baik-baik'. Kontan Love and Leashes jadi bahan perbincangan. 

Diangkat dari webtoon berjudul Moral Sense, Love and Leashes merupakan film komedi romansa yang disutradarai Park Hyun Jin. Love and Leashes bercerita tentang Jung Ji Woo (Seohyun), pegawai di sebuah perusahaan besar. Ia hebat dalam pekerjaannya, tetapi bosnya sering mengkritik dirinya gara-gara hal-hal sepele. Misalnya, seperti tidak tersenyum ketika berbicara.

Ji Woo naksir teman sekantornya, Jung Ji Hoo (Lee Jun Young), sosok yang populer di perusahaan. Suatu hari, Ji Woo menerima paket yang seharusnya dikirim pada Ji Hoo. Di dalam paket itu, Ji Woo menemukan tali pengikat yang menunjukkan preferensi seksual Ji Hoo.

Selain membicarakan soal fetish, sang sutradara juga ingin membawa topik soal ekspektasi masyarakat Korea Selatan terhadap perempuan. Terutama lewat tokoh Ji Woo yang dianggap kaku atau 'kurang feminin' karena jarang tersenyum.

"Pertama membaca webtoon-nya, aku sangat menikmati bagaimana ia menceritakan kisah tentang preferensi seksual dengan humor dan tidak provokatif. Aku juga suka Jung Ji Woo. Ia tidak punya aegyo jadi orang-orang menganggap dia kaku. Tapi Ji Hoo melihat sisi Ji Woo yang ini sebagai hal yang keren. Ketika aku melihat karakter-karakter ini, aku pikir aku bisa menciptakan kisah yang mengangkat pertanyaan tentang ekspektasi stereotip masyarakat terhadap perempuan," jelas sang sutradara seperti dikutip The Korea Herald.

Sementara itu, Seohyun mengaku kaget ketika pertama kali membaca naskah Love and Leashes. Tetapi, ia juga tertarik karena belum pernah membawakan tema semacam ini selama berkarier sebagai aktris.

"Ketika aku pertama membaca naskahnya, itu menyegarkan dan mengagetkan. Itu adalah peran yang membuatku tertantang sebagai aktor," kata Seohyun.

Menurutnya, Love and Leashes tak cuma punya topik unik, tetapi juga menunjukkan bagaimana proses seorang laki-laki dan perempuan dalam memahami perbedaan.

Seohyun lalu mendapat pertanyaan: Bagaimana ia bakal bereaksi jika tanpa sengaja mengetahui rahasia orang yang ia sukai layaknya Ji Woo di Love and Leashes?

"Aku pikir itu harus dihormati selama itu bukan kejahatan. Jika orang itu tidak mau membicarakannya, aku tidak akan memaksakan percakapan itu. Tapi aku akan memberitahu rahasiaku dan berusaha menunjukkan bahwa tidak apa-apa menjadi berbeda," jelas Seohyun.

Penasaran dengan filmnya? Love and Leashes bakal rilis di Netflix pada 11 Februari! (*)

Photo: Netflix

Artikel Terkait
Korea
Love and Leashes Tuai Pujian Berkat Representasi Perempuan dan Topik yang Tabu

Korea
Seohyun SNSD Puas dengan Love and Leashes, Lee Jun Young Sempat Gugup

Korea
Dari 'Love and Leashes', Netflix Jajal Genre Baru untuk Pasar Korea