Entertainment

WarnerMedia Dituntut karena Merilis ‘The Matrix Resurrections’ di HBO Max

Jingga Irawan

Posted on February 8th 2022

Village Roadshow Films, studio yang ikut memproduksi The Matrix Resurrections dengan Warner Bros, menuntut WarnerMedia karena merilis film itu di HBO Max pada hari yang sama saat debut di bioskop.

Gugatan yang diajukan Senin (7/2) di Pengadilan Tinggi Los Angeles. Mereka menuduh WarnerMedia "memburu" rilis The Matrix Resurrections dari tahun 2021 hingga 2022. Sehingga film tersebut dapat debut sebagai bagian dari inisiatif "Project Popcorn."

Model rilis tersebut akan menukar pendapatan box office dengan langganan streaming. Menghilangkan pendapatan mitra yang terkait dengan kinerja film.

Sepanjang 2021, WarnerMedia memilih merilis filmnya secara bersamaan di HBO Max pada hari yang sama saat pemutaran perdana di bioskop. Langkah ini disebut sebagai bagian dari strategi selama pandemi.

Gugatan tersebut juga menuduh Project Popcorn sebagai rencana rahasia WarnerMedia untuk mengurangi box office dan pendapatan tambahan terkait yang berhak diterima oleh Villiage Roadshow. Juga untuk mendorong pendapatan berlangganan layanan HBO Max baru.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, Warner Bros menanggapi gugatan itu sebagai langkah sembrono oleh Village Roadshow untuk menghindari komitmen kontraktual. Tapi Village Roadshow mengklaim bahwa merilis The Matrix Resurrections dengan model ini tak memberi manfaat bagi siapa pun.

Menurut mereka, sebuah film yang seharusnya menjadi sekuel yang sangat berharga dari trilogi The Matrix, membantu menaikkan nilai HBO Max. Serta meningkatkan pelanggannya. Namun di satu sisi merugikan pendapatan teater film tersebut dan menimbulkan kerugian serius bagi seluruh franchise Matrix. (*)

Foto: WarnerMedia

Artikel Terkait
Entertainment
Michael B. Jordan Bakal Garap Miniseri Black Superman Val-Zod

Entertainment
17 Film Produksi Warner Bros. Akan Tayang di HBO MAX Tahun Depan

Entertainment
WarnerBros. Rombak Jadwal Rilis ‘The Flash’, ‘Black Adam’ dan ‘Aquaman 2’