Tech

Event ‘Unpacked’ Samsung Bakal Hadir di Metaverse

Jingga Irawan

Posted on February 8th 2022

Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, mengumumkan bahwa acara Unpacked mendatang, yang akan ditayangkan Rabu (9/12), bisa diakses melalui virtual reality (VR) dan ditonton streaming biasa.

Penggemar metaverse dapat menonton acara di 837X, hasil kreasi lokasi toko unggulan Samsung di New York City, yang dibuat ulang dalam platform VR ternama Decentraland.

Pengumuman kali ini dianggap begitu menarik karena perusahaan masih sedikit berbicara soal VR dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun begitu, Samsung adalah salah satu perusahaan pertama yang membuat kemajuan di dunia augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) ketika merilis Gear VR, platform VR berbasis smartphone.

Platform itu dikenal sebagai salah satu opsi yang lebih murah dan lebih populer untuk headset VR, Samsung mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghentikan Gear VR Desember lalu tanpa rencana untuk penggantian.

Banyak yang memuji langkah Samsung karena telah perlahan memasuki metaverse, terutama karena banyak pakar bisnis dan teknologi berpikir itu hanya gimmick. Meta merupakan salah satu perusahaan yang ingin memasuki metaverse dan dikritik sebagai gimmick.

Saham induk Meta turun lebih dari 26 persen pekan lalu setelah perusahaan mengungkapkan kehilangan lebih dari USD 10 miliar pendanaan untuk Reality Labs, divisi AR dan VR-nya. Selain itu, Facebook, sebagai aplikasi utama Meta, telah mengalami penurunan jumlah pengguna di Amerika Utara.

Namun hype yang cukup besar di balik metaverse tampaknya belum mereda. Sejumlah perusahaan termasuk Walmart, Microsoft, Nike dan Disney banyak berinvestasi di metaverse. Meskipun minat pada VR lebih besar dari sebelumnya (penjualan perangkat keras AR dan VR hampir dua kali lipat pada tahun 2021), itu masih dianggap sebagai produk khusus.

Samsung belum memberikan banyak indikasi tentang bagaimana menonton Unpacked di VR minggu ini, melainkan hanya cara streaming di salah satu dari delapan tempat lain yang akan tersedia. Platform tersebut termasuk berbagai akun Samsung di YouTube, TikTok dan Twitter, seperti di Twitch dan Reddit.

Acara tersebut diharapkan mendebutkan Galaxy S22, ponsel andalan baru Samsung.(*)

Artikel Terkait
Tech
Mark Zuckerberg Sebut Meta dan Apple Bersaing Ketat Soal Metaverse

Tech
Tencent Optimistis Tiongkok Bakal Mendukung Metaverse

Tech
Mengapa Avatar Tak Punya Kaki dalam Virtual Reality atau Metaverse?