Entertainment

Mungkinkah ‘Moonfall’ Benar-benar Terjadi?

Jingga Irawan

Posted on February 7th 2022

Film Moonfall karya sutradara Roland Emmerich fokus pada fiksi ilmiah tentang bencana dunia. Tema Moonfall selaras dengan karya Roland lain seperti Independence Day, The Day After Tomorrow, dan 2012.

Dalam jajaran karakter Moonfall, ahli teori konspirasi K.C. Houseman, diperankan oleh John Bradley, mengungkap bahwa bulan berada di jalur tabrakan dengan bumi.

Selama bencana alam yang disebabkan oleh bulan mendekat, Houseman menemani dua astronot, diperankan oleh Halle Berry dan Patrick Wilson, saat mereka melakukan perjalanan untuk memperbaiki lintasan bulan. Sayangnya, makhluk misterius seperti kawanan menghuni bulan, menggagalkan upaya mereka untuk menyelamatkan bulan dan bumi.

Sementara petualangannya mendebarkan, Moonfall bersandar pada teori konspirasi dan bermain-main dengan sains. Tim kreatif berkonsultasi dengan para ilmuwan untuk secara realistis meningkatkan situasi teoritis Moonfall, tetapi beberapa aspek film sangat tak mungkin terjadi.

Berikut fakta di balik film fiksi ilmiah Moonfall yang diragukan dan tak bisa benar-benar terjadi:

Bumi Akan Menderita Jika Bulan Semakin Dekat

Moonfall menggambarkan efek bulan memperketat orbitnya mengelilingi bumi dengan relatif akurat. Seperti yang diperlihatkan film, jika bulan mendekat ke bumi, efek gravitasinya di bumi akan meningkat secara dramatis.

Digambarkan sebagai efek pasang surut gelombang gravitasi, bulan saat ini menyebabkan air bumi naik dan turun, serta gelombang. Gelombang ini akan menjadi lebih besar kalau bulan lebih dekat. Selain itu, pasang surut juga akan terjadi di udara, mengakibatkan atmosfer berfluktuasi, dan di bumi, menyebabkan gempa bumi.

Namun, implikasi dahsyat Moonfall bahwa bulan akan bertabrakan langsung ke bumi jika jatuh dari orbit sedikit tak akurat. Saat bulan akan mendekati bumi, ia akan menyerah pada gaya gravitasi dan hancur, potongan-potongannya membentuk cincin orbit yang mirip dengan Saturnus. Puing-puing dari kerusakan ini lah yang akan jatuh ke bumi, hingga bisa menyebabkan kerusakan dahsyat.

Bumi memang tak akan meledak karena dampak puing-puing, tetapi pecahannya akan mempengaruhi seluruh permukaan bumi, kemungkinan besar menyebabkan kepunahan di seluruh dunia dan penurunan kelayakhunian bumi.

Masyarakat Kuno Bumi

Moonfall percaya bahwa bulan buatan diciptakan oleh peradaban kuno humanoids yang menghuni bumi miliaran tahun sebelum peristiwa film. Tetapi kemungkinannya sangat kecil.

Kehidupan pertama kali terjadi di bumi 3,7 miliar tahun yang lalu, dan daratan pertama kali dapat dihuni hanya 700 juta tahun yang lalu. Jika penghuni bumi berasal dari planet lain, dan dapat bertahan hidup di lingkungan yang sebagian besar berair, maka itu bisa terjadi, meskipun teknologi canggih mereka mungkin masih sulit.

Humanoid purba menciptakan bulan di Moonfall sebagai kombinasi stasiun ruang angkasa, kendaraan, dan sumber daya. Teknologi yang diperlukan untuk mewujudkannya melampaui teknologi saat ini, tetapi tak terlalu aneh, metode pembangkit listrik di Moonfall mirip dengan yang digunakan dalam tenaga surya dan nuklir.

Selain itu, kemampuan AI yang diciptakan oleh Moonfall, sekali lagi, saat ini tak mungkin, tetapi bisa saja terjadi di masa depan. Bahkan mengunggah kecerdasan seseorang ke komputer dianggap realistis dalam kondisi fiksi ilmiah.

Bulan tak Bisa Menjadi Sumber Energi

Bulan Moonfall adalah buatan, tetapi pernyataan ini sangat tak mungkin. Bulan diteorikan berasal dari tabrakan beberapa planetoid, dalam sebuah peristiwa yang juga menciptakan bumi. Dengan bulan buatan ini, Moonfall terus menegaskan bahwa bulan jatuh dari orbitnya karena kehilangan energi dari sumber tenaganya.

Tetapi ini tak akurat untuk sifat benda yang mengorbit. Tak ada daya atau energi yang dikeluarkan ketika sebuah objek mengorbit sebuah planet, sebaliknya, orbit adalah hasil alami dari gravitasi, dan dengan demikian bulan Moonfall seharusnya menjaga jaraknya dari bumi terlepas dari buatannya.(*)

Foto: Reiner Bajo/Lionsgate

Related Articles
Entertainment
Banyak Karakter ‘Don’t Look Up’ Mirip Sosok di Dunia Nyata, Siapa Saja Mereka?

Entertainment
‘Moonfall’ Selipkan Banyak Teori Konspirasi Masa Lalu tentang Bulan

Tech
Bagian Bulan yang Hilang Sepertinya Telah Ditemukan Para Ilmuwan