Entertainment

Awkwafina Putuskan Off dari Twitter Akibat Kontroversi Blaccent di Beberapa Film

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 6th 2022

Awkwafina baru-baru ini membuat dunia maya gempar dengan pernyataan panjangnya mengenai blaccent. Ia menanggapi tuduhan memakai blaccent itu dalam sebuah pernyataan panjang, tetapi justru menuai kontroversi.

Blacent sendiri adalah cara bicara seperti orang berkulit hitam, mulai dari aksen hingga intonasi berbicara. Blaccent termasuk dalam tindakan rasisme bagi orang berkulit hitam.

Awkwafina sempat ditemukan warganet menggunakan blaccent di beberapa film seperti Crazy Rich Asians dan Oceans’s 8. Klip-klip kontroversial dari film tersebut masih banyak beredar di media sosial. Setelah beberapa tahun film itu dirilis, baru sekarang aktris tersebut menanggapi tuduhan blaccent.

Selain itu, nama Awkwafina juga dinilai erat dengan budaya orang berkulit hitam. Nama asli aktris tersebut adalah Nora Lum.

Ia mengunggah sebuah pernyataan panjang melalui Twitter. “Aku akan selalu mendengarkan dan memahami sejarah dan konteks dari AAVE [African American Vernacular English], memahami mana yang pantas dan tidak bagi kelompok yang termarginalisasi,” ujarnya.

“Namun, aku harus menekankan bahwa: Merendahkan, meremehkan, atau bertindak menyakiti dengan cara apa pun sama sekali bukan diriku. Sama sekali tidak pernah kumaksudkan,” lanjutnya.

Setelah pernyataan tersebut, Nora menyebut bahwa ia akan meninggalkan Twitter karena disarankan oleh sang terapis. “Aku pensiun dari hal yang menyiksa yaitu Twitter. Tidak pensiun dari hal-hal lain. Aku tidak mabuk dan memukul seseorang dengan sepatu lalu kabur sebagai buronan,” ungkapnya.

Sayangnya pernyataan panjang yang dimaksudkan sebagai permintaan maaf itu tidak diterima baik oleh warga Twitter. Beberapa orang berkulit hitam menyayangkan pernyataan Nora yang sama sekali tidak memasukkan kata “maaf”. Terlebih bulan ini merupakan black history month, pernyataan Nora dinilai menyinggung orang-orang berkulit hitam. (*) 

 

Gambar: Instagram @awkwafina

Related Articles
Entertainment
Camila Cabello Dicap Rasis saat Bawakan ‘Don’t Go Yet’, Blackface Itu Apa sih?

Entertainment
Justin Bieber Diserang Warganet setelah Promosikan Album Morgan Wallen

Entertainment
Sabrina Carpenter Akan Berperan di Film Baru ‘Emergency’, Ceritanya Menegangkan