Entertainment

‘Moonfall’ Selipkan Banyak Teori Konspirasi Masa Lalu tentang Bulan

Jingga Irawan

Posted on February 6th 2022

Film Moonfall, yang saat ini tayang di bioskop, rupanya sukses memanfaatkan teori konspirasi mengenai bulan. Sutradara Moonfall, Roland Emmerich, telah menggunakan teori konspirasi masa lalu untuk inspirasinya, seperti bagaimana kalender Maya memprediksi kiamat mengarah ke 2012.

Roland Emerich mengaku film yang dibintangi Halle Berry dan Patrick Wilson itu terinspirasi dari buku kontroversial berjudul Who Built the Moon. Diketahui buku tersebut merupakan karya dari Christopher Knight dan Alan Butler.

Dalam buku itu keduanya percaya bulan bukanlah benda angkasa alami. Mereka menyebut bulan adalah produk rekayasa dari para ilmuwan bumi. Pasalnya bulan sama sekali tak mengikuti aturan astrofisika. Bahkan keberadaan awal bulan sama sekali samar.

Selain itu, film tersebut juga menampilkan bahwa bulan berongga, yang terinspirasi oleh fakta bahwa pada 1970-an, dikatakan kalau bulan "berdering seperti bel" setelah NASA mencatat serangkaian gempa di bulan.

Terlebih lagi, setelah Apollo 11 mendarat di Bulan pada 1969, ada momen radio hening selama dua menit yang, tentu saja, mengarah pada teori konspirasi tentang bagaimana hal itu tak terjadi.

Moonfall melipat semua teori ini ke dalam plot yang melihat bulan terlempar dari orbitnya oleh kekuatan yang tak diketahui, menempatkannya pada jalur tabrakan dengan bumi. Dua mantan astronot dan seorang ahli teori konspirasi harus bekerja sama dalam misi terakhir untuk menyelamatkan planet ini.

“Aku tahu bahwa ada banyak sekali teori konspirasi tentang bulan. Aku belum pernah mendengar tentang megastructure, jadi bagiku itu adalah lubang kelinci sejak awal," kata John Bradley, yang berperan sebagai konspirasi ahli teori KC Houseman, mengatakan kepada Digital Spy.

"Hal yang ingin aku sentuh lebih dari apa pun pada awalnya adalah ide teori konspirasi, lebih dari teori konspirasi itu sendiri.

Halle Berry, yang berperan sebagai eksekutif NASA Jocinda Fowler, menyebut bahwa teori konspirasi tentang bulan telah menjadi makanan sehari-harinya di lokasi syuting, membuatnya berpikir lebih dalam bagaimana bulan semestinya.

Sementara Halle Berry terbuka untuk belajar lebih banyak ke dalam teori konspirasi tentang bulan, lawan mainnya Patrick Wilson — berperan sebagai mantan astronot Brian Harper— tak begitu yakin tentang ide konspirasi di balik film ini.

"Aku tak punya konsep tentang itu. Aku juga tak yakin akan mencarinya karena aku pikir itu agak konyol. Aku tak tertarik dengan konsep megastructure sebelum film ini," jelasnya. "Aku pikir bulan adalah batu indah di langit yang mengontrol gravitasi dan air kita. Ini dia."(*)

Foto: IMDb

Artikel Terkait
Entertainment
Mungkinkah ‘Moonfall’ Benar-benar Terjadi?

Tech
Kenalan Yuk dengan Manekin yang Akan Terbang ke Bulan Bareng NASA

Tech
NASA Bakal Bawa Orang Kulit Berwarna Pertama ke Bulan dalam Misi Artemis