Tech

Twitter Perluas Uji Coba Fitur Downvotes ke Android

Delima Pangaribuan

Posted on February 6th 2022

Awal 2022, Twitter memperluas uji coba fitur baru berupa downvotes. Jika sebelumnya hanya tersedia di iOS sejak Juni 2021, kini pengguna Android bisa ikut mencoba tombol serupa dislike ini.

Mengutip Android Central, Twitter mengumumkan perluasan uji coba itu pekan ini. Fitur ini bertindak sebagai pilihan 'dislike'. Ini memberi kesempatan buat pengguna mengekspresikan rasa tidak setuju terhadap suatu cuitan yang dianggap menyinggung atau nggak relevan dengan suatu topik. 

Namun, fitur downvotes ini nggak lantas membuat kita bisa tahu berapa banyak orang yang nggak suka sama suatu twit. Sebab, jumlahnya memang nggak diperlihatkan ke publik. Ini hanya sebagai peringatan buat orang yang ngetwit supaya lebih berhati-hati sebelum mencuitkan sesuatu.

Fitur ini sendiri dimunculkan Twitter setelah mereka gagal dengan Fleet. Twitter pun harus memutar otak dan mencari cara lain supaya user bisa lebih intens berkomunikasi menggunakan aplikasi burung biru tersebut. Nah, karena tombol like saja dirasa nggak cukup, maka disediakanlah tombol downvotes ini.

Twitter mengungkapkan bahwa fitur ini membuat obrolan di media sosial tersebut jadi lebih terarah dan berkualitas. Fitur ini pun dirasa lebih efektif ketimbang rencana awal Twitter untuk membuat beberapa jenis tombol likes. Selain hati, awalnya Twitter juga mau menyediakan variasi tombol like berbentuk jempol. Tapi niat itu dibatalkan karena dianggap terlalu mirip sama Facebook.

Uji coba ini bakal diterapkan secara bertahap ke pengguna Andoid seluruh dunia. Bahkan, nggak menutup kemungkinan fitur ini juga bisa segera ditemukan di Twitter versi PC. Gimana menurut Sobat MainMain, apakah fitur ini bakal berguna dan membantu? (*)

(Foto: Twitter, Android Central)

Related Articles
Tech
Update Terbaru Google Maps Berikan Detil dan Warna Ekstra pada Peta Alam

Tech
Game Netflix di iOS Kemungkinan Tidak Tersedia Langsung dari Aplikasi Streaming

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!