Tech

Chrome Ubah Logo untuk Pertama Kali dalam Delapan Tahun

Jingga Irawan

Posted on February 6th 2022

Chrome mengubah logo untuk pertama kalinya sejak tahun 2014. Meskipun terlihat mirip, logo baru Google terlihat lebih datar dengan pewarnaan lebih kuat. Elvin Hu, seorang desainer untuk Google Chrome, memamerkan first look untuk desain ulang logo di sebuah utas di Twitter, serta menjelaskan beberapa perubahan yang sangat halus.

Alih-alih menggabungkan bayangan pada batas antara setiap warna, Google justru memperjelas batas tersebut, dengan bagian merah, kuning, dan hijau dibuat datar. Dan meskipun tak disebutkan oleh Elvin Hu, lingkaran biru di tengah tampaknya juga dibuat ulang lebih besar.

Warna pada logo memang terlihat lebih hidup (mungkin karena tim desain menghilangkan bayangan), tetapi ada perubahan lain yang tak akan kalian notice jika tak membaca utas Twitter milik Elvin. Rupanya, tim desain Google menyadari kalau mereka "menempatkan nuansa hijau dan merah tertentu di samping satu sama lain sehingga menciptakan getaran warna yang mengganggu."

Untuk memperbaikinya dan membuat ikon "lebih enak dipandang,” mereka memutuskan untuk menggunakan gradien yang sangat halus — yang MainMain yakin mata manusia bahkan tak bisa melihat — untuk mencegah getaran warna apa pun.

Logo Chrome utama (yang biasanya kalian klik dari dok/bilah tugas untuk mengakses web) juga tak akan terlihat sama di semua sistem. Di ChromeOS, logo akan terlihat lebih berwarna untuk melengkapi ikon sistem lainnya, sedangkan di macOS, logo akan memiliki bayangan kecil, membuatnya tampak seperti “muncul” dari dok.

Sementara itu, di versi Windows 10 dan 11, logo Chrome memiliki gradien yang lebih dramatis sehingga cocok dengan gaya ikon Windows lainnya. Elvin Hu mengatakan kalian akan mulai melihat ikon baru dalam waktu dekat jika kalian menggunakan Chrome Canary (versi pengembang Chrome), tetapi itu akan mulai diluncurkan untuk semua orang selama beberapa bulan ke depan.

Ada juga beberapa ikon baru untuk logo Chrome versi beta dan pengembang, dengan perubahan paling dramatis adalah ikon gaya cetak biru untuk aplikasi beta di iOS.

Elvin Hu juga mencatat bahwa tim desain bereksperimen dengan garis putih yang berfungsi sebagai batas antara setiap warna, tetapi menemukan bahwa ini membuat keseluruhan ikon lebih kecil, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk dikenali di antara aplikasi Google lainnya.

Dari tahun 2008 hingga sekarang, logo Chrome semakin sederhana. Apa yang dimulai sebagai lambang tiga dimensi mengkilap telah dirombak menjadi simbol 2D lebih modern. Mungkin suatu hari kalian bisa melihat dan mendapat logo Chrome 2008 yang hampir nyata menghiasi desktop, tapi mungkin tidak hari ini. (*)

Foto: Elvin Hu via Twitter

Related Articles
Tech
Google, Microsoft, dan Apple Akan Terapkan Login Tanpa Kata Sandi

Tech
Google Akan Minimalkan Kemunculan Iklan yang Menguras Baterai Ponselmu

Tech
Google Mengklaim Chrome Versi Terbaru di Mac Lebih Cepat dari Safari