Tech

Android Messages Beta Kini Bisa Terjemahkan Reaksi dari iOS Messages

Jingga Irawan

Posted on February 2nd 2022

Google secara luas meluncurkan fitur Google Messages baru untuk pengguna beta. Tujuannya agar aplikasi perpesanan Android itu bisa menafsirkan dengan benar reaksi emoji yang dikirim dari aplikasi iOS Messages.

Menurut Droid-Life, fitur tersebut tampaknya aktif di versi aplikasi 20220121_02_RC00, tetapi belum bisa digunakan untuk setiap pengguna. Meskipun tak menjamin berfungsi pada semua ponsel, The Verge berhasil mencobanya dan berfungsi pada Oppo Find X3 Pro. Tampilannya lebih baik dari fitur awalnya yang mulai muncul November lalu.

Foto: Tangkapan layar oleh The Verge

Fitur itu bertujuan memperbaiki masalah lama yang dapat memengaruhi obrolan SMS antara pengguna iPhone dan Android. Fitur tersebut pertama kali dirumorkan ada November tahun lalu, tetapi tak pernah mendapat konfirmasi resmi dari Google. Peluncurannya juga acak, kebanyakan orang tak melihatnya diluncurkan sampai baru-baru ini.

Sebelumnya nih, pengguna iPhone yang mengirim reaksi melalui pesan Android dengan emoji akan muncul berbeda pada sistem Android. Pengguna Android biasanya melihat reaksi itu dikirim sebagai pesan teks terpisah, sehingga mengakibatkan kebingungan dan terjemahan teks yang tak perlu.

Misalnya, emoji jempol ke bawah seperti contoh di atas akan dikirim oleh pesan teks terpisah untuk pengguna Android. Jadi, kalau kalian mengirim jempol ke bawah ke teman kalian pengguna Andorid, yang muncul bukan lah gambar emoji jempol, melainkan kata-kata bertuliskan, "tak menyukai" pesan.

Tapi sekarang, versi aplikasi beta baru memperlakukan reaksi emoji yang sama di kedua sistem operasi. Meskipun begitu, ada inkonsistensi antara bagaimana reaksi direpresentasikan pada setiap sistem operasi.

Seperti yang ditunjukkan oleh 9to5Google, reaksi acungan jempol dan jempol ke bawah serupa di kedua platform, tetapi reaksi "haha" iOS berubah menjadi "wajah dengan air mata kegembiraan" di Android, sementara "hati" menjadi "wajah tersenyum dengan mata hati.”

Sedangkan, “Tanda seru” menjadi “wajah dengan mulut terbuka” sementara “tanda tanya” menjadi “wajah berpikir.” Itu sebenarnya merupakan perbedaan kecil, tetapi dapat menyebabkan interpretasi yang sangat berbeda dari makna reaksi.

Fitur "Tampilkan reaksi iPhone sebagai emoji" yang baru telah diaktifkan secara default di aplikasi Google Messages beta, di menu Lanjutan di bagian bawah Pengaturan.(*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Begini Cara Bikin Live Wallpaper di Ponselmu

Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari

Interest
Adopsi Fitur App Drawer, Tampilan iOS 14 Bakal Mirip Android