Current Issues

Ivermectin Diklaim Menghasilkan Efek Antivirus Terhadap Covid-19

Dwiwa

Posted on February 1st 2022


Perusahaan perdagangan dan farmasi Jepang, Kowa Co LtdĀ  mengatakan bahwa obat antiparasit Ivermectin menunjukkan efek antivirus terhadap Omicron, serta varian virus Covid-19 lainnya. Hal itiu terungkap dari penelitian bersama non-klinis.

Dilansir Reuters, perusahaan menggadeng Universitas Kitasato Tokyo dalam menguji obat sebagai pengobatan potensial untuk Covid-19 ini. Mereka menemukan Ivermectin efektif melawan Omicron dalam uji klinis Fase III yang dilakukan pada manusia. Tetapi Kowa tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sejauh ini, uji klinis terhadap obat yang digunakan untuk mengobati parasit pada manusia dan hewan ini masih berlangsung. Meski begitu, promosi Ivermectin sebagai pengobatan Covid-19 telah menimbulkan kontroversi.

Obat ini tidak disetujui untuk pengobatan Covid-19 di Jepang. Badan Pengawas Obat & Makanan AS (FDA), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), regulator obat Uni Eropa, bahkan memperingatkan penggunaannya karena kurangnya bukti ilmiah bahwa obat itu memiliki efek terapeutik.

Penggunaan Ivermectin untuk mengobati Covid-19 saat ini sedang diselidiki dalam uji coba di Inggris yang dijalankan oleh University of Oxford. Para peneliti mengatakan penelitian itu masih berlangsung. Mereka tidak ingin berkomentar lebih lanjut sampai mereka memiliki hasil untuk dilaporkan. (*)

Foto: Pexels/Anna Shvets

Artikel Terkait
Current Issues
Mengenal Ivermectin, Obat yang Ramai Disebut Dapat Melawan Covid-19

Current Issues
AS Hanya Izinkan Penerima Vaksin Covid-19 Jenis Ini Masuk ke Negaranya

Current Issues
Varian Delta Picu Lonjakan Kasus, Perlukah Booster Vaksin Covid-19?