Esports

Ini Deretan Calon Pelatih Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games 2021

Dika Afandi N

Posted on January 31st 2022

Pesta olahraga Asia Tenggara yaitu SEA Games 2021 akan bergulir dalam waktu dekat. Tepatnya pada Mei 2022 mendatang. SEA Games 2021 juga akan mempertandingkan cabang esports mengingat scene kompetitifnya begitu ramai.

PB ESI kini tengah menyiapkan deretan pelatih yang akan menangani 4 cabang game. Yaitu PUBG Mobile (team dan solo), Mobile Legends, Free Fire, Wild Rift. Pada Minggu (30/1), PB ESI melalui platform Garudaku mengumumkan deretan pelatih yang berhasil lolos seleksi tahap 2.

- PUBG Mobile Team

Dari enam calon pelatih yang mengikuti seleksi untuk timnas PUBG Mobile Team, kini hanya menyisakan empat orang saja. Yaitu Alexander “Entruv” Putra, Andrew Harwin, Matthew Mayo, dan Jeffry Hariwijaya.

“Entruv” sendiri sangat difavoritkan untuk menangani PUBG Mobile Team. Sebab, “Entruv” merupakan pelatih dari Aura Esports yang notabene sudah memiliki segudang pengalaman. Sedangkan, untuk Matthew merupakan pemain profesional dari Alter Ego.

- Mobile Legends 

Di divisi Mobile Legends hanya menyisakan 3 nama saja yaitu James Chen, Lius Andre, dan Bjorn “Zeys” Ong”. James dan “Zeys” sendiri merupakan pelatih berkebangsaan Singapura. James pernah menukangi RRQ Hoshi, sedangkan “Zeys” saat ini sedang melatih Evos Legends.

Sementara Lius Andre adalah mantan Esports Manager Moonton yang kini lebih sibuk menjadi caster atau talent Mobile Legends. Meski begitu, ia punya pengalaman melatih di Dewa United dan kemampuan analisa yang baik terlihat dari beberapa konten Mobile Legends yang ia unggah.

- Free Fire 

Free Fire merupakan divisi yang paling banyak memiliki calon pelatih sebelumnya. Dari 7 kandidat pelatih, kini hanya menyisakan 4 nama saja. Mereka adalah Riza Setiawan, Christian Jonathan, Muhammad Farchan Riza, dan Muhammad Darmawan.

Riza Setiawan merupakan pelatih dari Siren Esports. Ia pernah membawa Siren Esports lolos ke Free Fire Master League (FFML) sedangkan Muhammad Darmawan saat ini sedang membesut First Raider.

- PUBG Mobile Solo

Calon pelatih PUBG Mobile Solo kini menyisakan satu kandidat saja. Belum dapat dipastikan apakah artinya Azni Imam sudah dipastikan menjadi pelatih timnas PUBG Mobile Solo karena menjadi calon tunggal. Sebab, pesaing ketatnya yaitu Iqbal Sani yang punya pengalaman sebagai pelatih PUBG Mobile di Island of Gods harus tersingkir dalam proses di tahap kedua.

- Wild Rift Men

Yang terakhir adalah divisi Wild Rift Men. Untuk game ini hanya menyisakan dua nama saja yaitu Henov Iqbal Assidiq dan Jeremy Triputro Yulianto. Dari dua nama tersebut, Jeremy merupakan mantan pelatih timnas Indonesia di SEA Games 2019 lalu. Namun, masih ada kesempatan besar untuk Henov Iqbal. Sebab, Henov memilki pengalaman lebih dalam berkomunikasi melihat riwayat karirnya yang pernah melakukan coaching clinic bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi nasional. (*)

Artikel Terkait
Esports
Resmi! Inilah 8 Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam

Esports
Eskhibisi Esports PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Esports
Yamisok x Oxtrade Bikin Turnamen Esports Sekaligus Belajar Trading