Entertainment

‘Godzilla vs Kong’ Jadi Film Paling Banyak Dibajak Tahun 2021

Jingga Irawan

Posted on January 30th 2022

Godzilla vs. Kong menjadi film yang paling banyak dibajak pada 2021, mengalahkan film-film terkenal lainnya seperti Justice League (Snyder Cut) dan Black Widow.

Setelah beberapa kali penundaan rilis karena pandemi Covid-19, Godzilla vs. Kong merupakan salah satu film besar pertama yang dirilis di bioskop setelah setahun lockdown di seluruh dunia.

Film tersebut dipandang sebagai penyelamat bagi teater-teater yang bisnisnya terpuruk. Film itu tayang di bioskop pada 25 Maret 2021 dan tersedia untuk streaming di HBO Max pada hari yang sama.

Laporan yang menyebut Godzilla vs. Kong menjadi film yang paling banyak dibajak tahun 2021 diselidiki oleh perusahaan teknologi Akamai dan melihat Justice League bernasib serupa. Film garapan Zack Snyder itu berada di urutan kedua, serta diikuti oleh Black Widow di posisi ke tiga.

Data yang dikumpulkan berasal dari bulan Januari dan September, sehingga rilis tahun 2021 seperti The Matrix Resurrections, Spider-Man: No Way Home, dan Eternals tak diperhitungkan.

Secara keseluruhan, 2021 merupakan tahun yang menonjol bagi Warner Bros. Terutama untuk rilis Mortal Kombat dan Wonder Woman 1984. Perusahaan merilis film tahun 2021 mereka di HBO Max bersamaan dengan rilis teater, itu hanya untuk AS. Artinya, potongan film berkualitas tinggi sudah tersedia untuk umum dan dipasang di web ilegal hampir di waktu yang bersamaan.

Setelah Godzilla vs. Kong dan Justice League mengambil dua tempat teratas untuk film yang paling banyak dibajak, Mortal Kombat berada di urutan lima, The Suicide Squad di urutan keenam, dan Wonder Woman 1984 di urutan ke delapan.

Namun, itu bukan berarti hanya Warner Bros. yang mengalami kerugian. Disney mengklaim bahwa Black Widow kehilangan USD 600 juta dolar karena pembajakan dari rilis Disney+-nya, yang berarti Godzilla vs. Kong kemungkunan kehilangan lebih banyak lagi.

Meskipun demikian, analis menyebut Godzilla vs. Kong masih akan menjadi hit box office, bahkan setelah pendahulunya memiliki rating biasa-biasa saja, mengingat profil tinggi dari Godzilla dan Kong. Tetapi berapa banyak lagi film yang akan menjadi hit di tengah pandemi dan rilis HBO Max yang akan merugi karena pembajakan.

Berikut adalah daftar lengkap film dan TV series yang paling banyak dibajak tahun 2021:

TV Shows

1. Loki Season 1

2. WandaVision Season 1

3. Rick and Morty Season 5

4. The Falcon and The Winter Soldier Season 1

5. The Walking Dead Season 10

6. Game of Thrones Season 8

7. The Flash Season 7

8. Vikings  Season 6

9. True Beauty  Season 1

10. Superman & Lois  Season 1

Film

1. Godzilla vs. Kong

2. Justice League (Zack Snyder)

3. Black Widow

4. F9

5. Mortal Kombat  (2021)

6. The Suicide Squad

7. Cruella

8. Wonder Woman 1984

9. Raya and the Last Dragon

10. Jungle Cruise(*)

Foto: WarnerBros.

Related Articles
Entertainment
‘Wonder Woman 3’ Direncanakan Mulai Syuting Tahun Depan

Entertainment
Setelah 'Justice League', Warner Bros. Coba Saling Hubungkan Filmnya Lagi

Entertainment
Ini Dia 4 Karakter yang Bakal Muncul di 'Wonder Woman 1984'