Current Issues

Ada Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman Omicron, Bagaimana Cara Aksesnya?

Dwiwa

Posted on January 29th 2022

Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak dalam beberapa hari terakhir. Bahkan pada Jumat (28/1) penambahan kasusnya nyaris tembus sepuluh ribu dalam sehari, tertinggi sejak 2 September 2021 di mana kasus yang dilaporkan mencapai 8.955 kasus.

Sebagai antisipasi agar sistem kesehatan tidak kewalahan, kementerian kesehatan pun menyediakan telemedicine bagi pasien yang memenuhi kriteria isolasi mandiri. Terutama bagi mereka yang terpapar varian Omicron.

Layanan telemedicine ini memungkinkan pasien isoman bisa mendapatkan pelayanan konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis. Ada 17 platform telemedicine yang saat ini bekerja sama dengan Kemenkes, yakni Aido Health, Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Selain itu, pasien yang menjalani isoman juga akan mendapatkan obat gratis yang terdiri dari dua paket obat. Paket A berisi multivitamin C, B, E, dan Zinc untuk pasien tanpa gejala. Sementara paket B berisi multivitamin C, B, E, dan Zinc, Favipiravir 200mg atau Molnupiravir 200mg, dan parasetamol 500mg (jika dibutuhkan) diberikan kepada pasien bergejala ringan yang berusia di atas 18 tahun.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan pelayanan ini?

1. Pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes RI. Apabila hasilnya positif(+), maka laboratorium akan melaporkannya ke datapas Kemenkes (NAR).

2. Pasien akan mendapatkan WhatsApp konfirmasi dari Kemenkes. Bila tidak mendapatkannya, kalian bisa mengecek NIK di https://isoman.kemkes.go.id/.

3. Pasien melakukan skrining di salah satu dari 17 pilihan layanan telemedicine. Caranya dengan menekan tautan di pesan WhatsApp atau dari situs isoman yang muncul saat pengecekan mandiri. Masukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan mendapat paket obat gratis.

4. Pasien yang layak isoman akan mendapatkan resep digital.

5. Resep bisa ditebus lewat isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

6. Obat akan diproses dan dikirimkan ke pasien.

Tetapi yang perlu digarisbawahi, layanan telemedicine dan pengiriman obat gratis bagi pasien isoman ini sementara baru tersedia di Jabodetabek.

“Sasaran layanan telemedicine isoman perawatan Omicron adalah pasien positif  Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, dan berdomisili di Jabodetabek,” ujar Juru Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi seperti dilansir dari Antara.

Foto: Pixabay/Tumisu

Related Articles
Current Issues
Kasus Tranmisi Lokal Omicron Terus Bertambah, Ini Syarat yang Boleh Isoman

Current Issues
"Covid-19 Ringan" Tak Selalu Ringan, Ini Tips Pemulihan dan Isolasi di Rumah

Current Issues
Jika Terinfeksi Omicron, Kapan Kita Bisa Menularkannya ke Orang Lain?