Tech

WhatsApp Bakal Permudah User Kirim Foto dan Video Lawas

Delima Pangaribuan

Posted on January 28th 2022

WhatsApp lagi mengembangkan fiturnya, nih. Dengan pembaruan ini, diharapkan pengguna atau user bisa lebih mudah mengirim foto atau video lawas dari perangkatnya.
 
Buat pengguna setia WhatsApp, pasti sering ngerasa agak kerepotan ketika mau kirim file lawas dari HP. Baik itu foto atau video. Soalnya, pilihan yang muncul biasanya adalah file terbaru. Kalau mau kirim file yang udah agak lama, kita harus scroll dulu sampai ke bawah-bawah. Dan itu kadang bikin males, betul apa betul?
 
Nah, seperti diberitakan Android Central, WhatsApp kini menyiapkan fitur agar pengguna nggak lagi kesulitan jika ingin mengirim file foto dan video lama. Servis yang kini dikelola Meta ini akan menerapkan pilihan yang lebih simpel supaya user bisa lebih mudah mengakses file lama yang ingin dikirim.
 

Fitur ini masih berbentuk versi beta dan akan diujicobakan dulu di Android. Berdasarkan WABetaInfo, desain baru fitur pilih file ini akan menampilkan dua tabs. Satu tab untuk memilih foto-foto terkini atau recent, satu tab lainnya untuk memilih file lain yang lebih lawas. Dua tabs ini akan muncul jika kita mengklik ikon kamera di kolom pesan.
 
Bedanya sama yang sekarang adalah: Versi sekarang hanya menampilkan gambar-gambar atau video terkini saja untuk dipilih. Sementara di versi beta yang baru, kolom itu bisa di-swipe lagi ke atas dan memunculkan halaman galeri. Nah, di halaman inilah kita bisa lebih leluasa mengakses galeri dan memilih foto-foto atau video lama yang ingin dikirim.
 
Desain baru dari fitur ini diharapkan jauh lebih memudahkan pengguna. Tapi karena masih versi beta dan baru dikembangkan, kemungkinan akan ada beberapa keterbatasan. Salah satunya adalah, hanya foto atau video yang kita ambil dengan kamera HP kita aja yang bisa diakses. Sedangkan untuk file lain hasil download belum bisa diakses dengan cara baru ini.
 

Belum diumumkan juga kapan fitur ini benar-benar bisa kita nikmati di WhatsApp. Tunggu kabar perkembangan selanjutnya di Mainmain ya! (*)
 
Foto: Android Central
Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia

Tech
WhatsApp Luncurkan Fitur Foto Sampul Mirip Facebook untuk WA Bisnis