Tech

Apple Uji Coba Fitur Face ID dengan Masker untuk Update iOS Terbaru

Jingga Irawan

Posted on January 28th 2022

Apple tampaknya sedang menguji fitur yang mengizinkan pengguna mengakses Face ID untuk membuka kunci ponsel bahkan saat mengenakan masker.

Menurut foto yang dibagikan oleh Brandon Butch di Twitter versi beta pertama untuk iOS 15.4 akan memunculkan layar yang menanyakan apakah pengguna ingin dapat menggunakan Face ID meskipun sedang mengenakan masker.

Sayangnya, fitur itu hanya akan tersedia jika kalian memiliki perangkat terbaru.

Menurut gambar layar, Apple mengatakan bahwa "iPhone dapat mengenali fitur unik di sekitar area mata untuk diautentikasi" tetapi memperingatkan bahwa Face ID akan lebih akurat jika kalian mengaturnya tanpa masker.

Namun, tak semua orang dapat memanfaatkan fitur khusus ini. The Verge mengonfirmasi bahwa fiturnya berfungsi pada iPhone 12, dan 9to5Mac melaporkan kalau itu hanya ada pada seri iPhone 12 dan 13. Fitur itu tampaknya tak bisa digunakan di iPad Pro 2018.

Saat pandemi Covid-19 berlanjut, orang-orang (dan organisasi seperti New York City MTA) telah meminta Apple untuk menambahkan cara agar pengguna dapat membuka kunci iPhone sambil tetap mengenakan masker.

Apple telah memperkenalkan berbagai pembaruan untuk mengatasi hal tersebut. iOS 13.5 akan mendeteksi bahwa kalian sedang mengenakan masker dan secara otomatis bisa langsung meminta kode sandi, alih-alih mencoba mengautentikasi wajah.

Sementara itu, iOS 14.5 memungkinkan orang dengan Apple Watch menggunakan Face ID saat mengenakan masker. Hal itu tampaknya terbuka untuk siapa saja yang memakai masker, selama Apple Watch cukup dekat dengan telepon.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Fitur Anti-Stalking untuk AirTag Muncul di iOS 15.4 Beta

Tech
Apple Punya Paten Teknologi Group Selfie untuk Protokol Physical Distancing

Tech
Teknologi Facial Recognition Dikembangkan untuk Mengenali Wajah Bermasker