Esports

Xbox Raup Pendapatan Rp. 233 Triliun Sepanjang 2021

Dika Afandi N

Posted on January 26th 2022

Konsol besutan Microsoft, Xbox, secara mengejutkan berhasil menorehkan pendapatan tahunan tertinggi sepanjang 2021. Microsoft melaporkan bahwa Xbox meraup USD 16,28 miliar tahun lalu atau setara dengan Rp. 233 triliun. Catatan tersebut naik 17 persen dari tahun ke tahun.

Bila dihitung dari tahun 2020, pendapatan Xbox ini naik 63,3 persen. Sementara itu, pendapatan konten dan layanan tumbuh sebesar 8,8 persen di tahun 2021. Sebagian besar pertumbuhan pendapatan Xbox merupakan imbas langganan Xbox Game Pass yang meningkat signifikan.

Dilansir dari The Wrap, Chief Executive Officer (CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer mengatakan bahwa kini Xbox ataupun Playstation sangat sulit ditemukan di pasaran. “Ketika anda berpikir untuk mencoba membeli Xbox atau Playstation baru saat ini di pasar, mereka benar-benar sulit ditemukan,” tegas Phill.

Artinya Xbox begitu laku keras di pasaran sehingga barang yang tersedia sudah sangat sedikit saat ini dan permintaan pasar melebihi stok yang ada di pasaran. Selain itu, meledaknya Xbox juga menjadi alasan utama mengapa penjualan game Forza Horizon 5 dan Halo Infinite berhasil dengan baik. Bahkan, Infinite berhasil mencatat rekor franchise dengan 20 juta pemain di bulan pertama perilisan.

Peningkatan pendapatan Xbox juga tercermin di saham Microsoft yang berhasil mengembalikan USD 156,4 triliun kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Selain itu, Microsoft juga melakukan pembelian saham kembali pada kuartal fiskal kedua tahun 2022

Di sisi lain untuk memperingati perayaan Imlek, Microsoft akan merilis Year of the Tiger Xbox Series S khusus. Mengutip dari GSM Arena, konsol Xbox Series S khusus ini mengusung warna tradisional khas tahun baru Imlek, yaitu merah dan emas, dengan lukisan Harimau Tiongkok menggunakan tinta hitam karya seniman bernama “Bu2ma” atau dibaca Bu-er-ma.

Untuk seri ini, Microsoft hanya membuat 15 unit konsol Xbox Series S dan konsumen yang ada di Tiongkok dapat memenangkan konsol ini melalui tautan yang dibagikan melalui jejaring sosial milik Weibo dan bilibili. Sebagai catatan, konsol edisi khusus Tahun Baru Imlek ini bukan perangkat spesial pertama Xbox. (*)

Foto: Microsoft

Related Articles
Hobi
Microsoft: XBox Series X akan Diluncurkan November 2020

Interest
Sony Umumkan Logo PS5 di CES 2020

Interest
Kata Microsoft, Controller XBOX Series X Gunakan Baterai AA