Tech

Google Docs Kini Punya Fitur Watermark

Mirip Microsoft Word.

Delima Pangaribuan

Posted on January 26th 2022

 
Google Docs kini telah mengembangkan fitur baru berupa watermark. Dengan fitur mirip di Microsoft Word ini, pengguna bisa langsung kasih watermark ke dokumen digitalnya tanpa perlu ganti ke aplikasi lain.
 
Dilansir Android Central, Google mengumumkan fitur baru watermark untuk Google Docs ini dengan harapan mempermudah user memproteksi dokumen mereka. Watermark ini akan muncul di bagian belakang dokumen. Bentuknya bisa berupa tulisan atau gambar.
 
Cara menggunakannya:

1. Pilih menu Insert pada Google Docs.
2. Pilih Watermark.
3. Kotak dialog akan muncul di sebelah kanan layar. Pilih salah satu, Text atau Image.
 
Untuk teks, kita bisa langsung tuliskan saja kata yang ingin dijadikan watermark. Misalnya 'DRAFT'. Untuk gambar, kita bisa impor dari file yang ada di perangkat komputer. Tingkat transparansi dan besar kecilnya skala watermark juga bisa diatur. Nantinya watermark ini akan otomatis muncul di semua halaman file Google Docs yang sedang kita kerjakan tersebut.
 

Fitur ini sendiri baru banget diluncurkan sama Google. Jika sesuai rencana, fitur ini bakal tersedia untuk semua user yang termasuk golongan Rapid Release kurang lebih dua minggu lagi. Sementara untuk user lain yang termasuk Scheduled Release, fitur ini bisa dimanfaatkan mulai 14 Februari.
 
Fitur ini nggak hanya berlaku di Google Docs aja. Watermark juga akan tersedia di Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business. Catatan, untuk sementara fitur ini hanya bisa digunakan di PC. Sementara untuk Android atau iOS belum tersedia. (*)
 
Foto: Android Central
Related Articles
Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Tech
Update Terbaru Google Maps Berikan Detil dan Warna Ekstra pada Peta Alam