Current Issues

Vaksin Booster Berbayar untuk yang Tidak Punya Kartu BPJS Kesehatan? Hoaks!

Dwiwa

Posted on January 26th 2022

Program vaksinasi booster Covid-19 sudah dimulai sejak 12 Januari 2022. Meski sudah berjalan selama dua minggu, tetapi pembicaraan soal vaksinasi booster masih cukup hangat di berbagai media sosial. Salah satunya adalah soal bayar tidaknya vaksin booster.

Di media sosial Facebook, beredar informasi jika vaksin booster tidak akan gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Mereka yang tidak mempunyai kartu BPJS Kesehatan diharuskan membayar untuk bisa mendapatkan booster. Tapi benarkah informasi tersebut?

Dilansir dari situs resmi Covid-19 milik pemerintah covid19.go.id, pernyataan tersebut tidaklah benar alias hoaks. Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi telah membantah informasi tersebut. Vaksin booster dipastikan gratis untuk semua masyarakat Indonesia.

Meski begitu, sebelum program vaksinasi booster diluncurkan, memang sempat ada tiga opsi yang disiapkan, yakni program pemerintah, Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

Tetapi tepat sebelum program vaksinasi booster dijalankan, Presiden Joko Widodo memutuskan jika vaksinasi dosis ketiga akan diberikan gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Jadi sudah bisa dipastikan jika informasi vaksinasi booster berbayar untuk yang tidak punya kartu BPJS Kesehatan itu hoaks ya. Selalu cek lagi informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

Untuk bisa mengetahui kebenaran sebuah informasi, kalian bisa mengeceknya di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com. Bisa juga dengan mengirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo di nomor 085921600500.

Foto: Pixabay/geralt

Related Articles
Current Issues
Air Kelapa dan Garam Bisa Hilangkan Vaksin dari Tubuh? Cek Faktanya

Current Issues
Perangi Hoax, YouTube Tambahkan Link Sumber Terpercaya pada Konten Vaksin Covid

Current Issues
Moderna Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 untuk Omicron Pada Orang Dewasa