Entertainment

Netflix Bisa Kalahkan Pendapatan MBC dan SBS di Korea Selatan

Delima Pangaribuan

Posted on January 26th 2022

 
Belakangan Netflix memperbanyak serial dan film Korea di platform-nya. Hal ini nggak lepas dari keuntungan yang didapatkan sejak 2016 hingga 2021. Netflix pun diprediksi akan memimpin dominasi pasar OTT Korea Selatan. Pendapatan platform tersebut bahkan bisa melebihi MBC dan SBS.
 
Seperti diberitakan AllKpop, pendapatan Netflix dari jumlah subscription diprediksi bakal melampaui MBC dan n, salah dua stasiun TV terbesar Korea Selatan. Berdasarkan data yang dihimpun Aju Economic News, total subscription Netflix di Korsel tahun 2021 mencapai KRW 880,9 miliar (sekitar Rp 1,05 triliun)!
 
Neflix pertama kali masuk ke pasar Korsel pada Januari 2016. Meskipun tergolong baru, popularitaas Netflix di Negeri Ginseng terbilang konsisten meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2018 saja, atau dua tahun setelah 'debut' di Korsel, jumlah pendapatan dari subscription mencapai KRW 65,7 miliar.

 
Jumlahnya meningkat pesat pada 2019 dengan pendapatan tercatat KRW 248,3 miliar. Memasuki 2020, dikarenakan pandemi juga, pendapatan subscription Netflix meroket lebih dari 100 persen dengan angka total KRW 517,3 milliar. Kemudian tahun 2021, pendapatannya naik 70 persen.
 
Melihat data tersebut, Aju Economic News memprediksi pendapatan platform ini di Korea Selatan akan menembus KRW 1 triliun pada 2022 ini. Maka, dia bisa menyamai pendapatan stasiun TV berlangganan lain yang sudah lebih dulu merajai pasar Korsel. Antara lain KBS (KRW 1,35 triliun) dan MBC (KRW 904,6 miliar). Tahun kemarin saja Netflix sudah mengalahkan SBS yang pendapatannya 'hanya' KRW 705,5 miliar.
 
Kesuksesan Netflix ini berkat berbagai judul serial yang booming selama 2021 lalu. Salah satunya Squid Game yang menjadi serial hits dunia. Netflix pun menargetkan bisa menambah jumlah subscription di Korsel sendiri dengan memperbanyak serial original dari negeri tersebut. Kita lihat saja, adakah serial Korea di Netflix yang bakal booming lagi tahun 2022 ini. (*)

 
Foto: Film Daily
Artikel Terkait
Korea
Through the Darkness Raih Rating Tertinggi, Snowdrop & Bulgasal Terus Merosot

Korea
The Red Sleeve Raih Rating Tertinggi, Snowdrop dan Bulgasal Terus Menurun

Korea
SBS Tiadakan Gayo Daejeon, Bukan Cuma Karena Covid-19?