Lifestyle

Seperti Apa Tren Fashion Indonesia di 2022? Ini Kata Survei

Dwiwa

Posted on January 26th 2022

Tren fashion selalu berubah setiap tahun. Di tahun 2022, tampaknya masyarakat akan lebih menyukai pakaian dengan gaya kasual dan sederhana. Hal ini diungkap oleh survei layanan konsumen berbasis digital Populix.

Dilansir Antara, survei yang bertajuk “Indonesia in 2022: Looking at Fashion Trends & Economy Revival” ini melibatkan 1.013 responden yang terdiri dari 500 laki-laki dan 513 perempuan. Usia dari responden ini dalam rentang 18-55 tahun pada tanggal 26-31 Desember 2021.

Hasilnya, sebagian besar responden memilih gaya berpakaian kasual (68 persen) dan sederhana (73 persen). Hal ini berlaku untuk responden laki-laki maupun perempuan. Meski begitu, gaya vintage lebih diminati responden perempuan dan responden lelaki menykai gaya sporty.

Selain itu, outer atau kardigan akan menjadi barang fesyen wajib bagi perempuan sebagai pelengkap gaya berpakaian tersebut di 2022. Sedangkan untuk para pria, kemeja berkerah dan t-shirt akan jadi favorit.

Adaptasi era kenormalan baru telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam gaya berpakaian.

"Dengan berbagai kebijakan terkait pembatasan fisik dan bekerja atau belajar dari rumah guna mengurangi penyebaran Covid-19, kini sebagian besar responden menyatakan tidak terlalu mengikuti tren fesyen, tetapi lebih mengutamakan kenyamanan dalam gaya berpakaian mereka,” ujar Chief Executive Officer, Populix, Timothy Astandu dalam keterangan persnya.

Temuan lain dalam survei ini adalah para perempuan memilih jilbab segi empat (47 persen), pashmina (40 persen), dan jilbab instan (31 persen) untuk mendukung gaya berpakaian mereka. Untuk alas kaki, sneakers menjadi alas kaki paling digemari, diikuti sendal jepit dan sepatu slip-on.

Soal harga, mayoritas responden rela mengeluarkan dana Rp 250.001 – Rp 500.000 setiap bulan untuk membeli barang-barang fesyen.

Hal menarik di sini adalah ternyata laki-laki rela mengeluarkan dana lebih besar untuk belanja fesyen dibanding perempuan. Survei itu menemukan sebanyak 19 persen laki-laki rela menghabiskan lebih dari Rp 1.000.000 sementara hanya 12 persen perempuan yang mau mengeluarkan dana sebesar itu untuk berbelanja barang fesyen.

Ketika ditanya soal pertimbangan saat berbelanja pakaian, ternyata 80 persen responden mengatakan lebih mengutamakan kenyamanan berpakaian dan 56 persen lebih memilih gaya pakaian yang sederhana.

Kemudian, sekitar 39 persen responden mengungkap jika gaya berpakaian menjadi cara mereka mengekspresikan diri. Sedangkan 23 persen responden mengatakan lebih tertarik bergaya modern dan 22 persen lebih tertarik menggunakan gaya berpakaian yang membuat mereka terlihat profesional dan lebih percaya diri.

Kalau kalian, termasuk yang juga akan mengikuti tren ini atau punya gaya berpakaian sendiri nih untuk 2022?

Foto: Pexels/Angela Roma

Artikel Terkait
Lifestyle
Adidas Nizza yang Kembali Digemari

Lifestyle
Addison Rae Curi Perhatian Netizen Dengan Gaya Retro Skater Girl

Lifestyle
K-Swiss akan Rilis Sepatu yang Terinspirasi Sapu Terbang Harry Potter