Esports

Ingin Jadi Pro Player YuGiOh? Yuk Pahami Sistem Rank Yu-Gi-Oh! Master Duel

Ridho

Posted on January 25th 2022

Yu-Gi-Oh! Master Duel menjadi salah satu game yang populer saat ini. Game esports bikinan Konami ini hadir dengan keunikan dari para pesaingnya. Salah satu keunikan yang dihadirkan Konami adalah membuat platform digital untuk permainan kartu yang akan menarik bagi pemain kasual dan kompetitif dari seluruh penjuru dunia.

Hal itu dibuktikan dengan Mode Solo dan kemampuan untuk membentuk ruang Duel yang memungkinkan pemain menikmati pengalaman yang disesuaikan kapan pun mereka mau. Namun, sebagian besar pemain yang akan bertahan lebih dari beberapa minggu berfokus pada mode Ranked Duel.

Ranked Duel adalah mode permainan unggulan di Master Duel dan memungkinkan pemain untuk berduel dengan pemain lain di seluruh dunia. Matchmaking pada mode ini didasarkan pada peringkat masing-masing duelist. Sehingga, tiap pemain akan mendapat lawan yang peringkatnya sama.

Selain itu, Ranked Duel juga menampilkan lima peringkat individu, dengan setiap peringkat juga memiliki tingkatan di dalamnya yang harus dicapai pemain untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi. Berikut adalah rincian tangga peringkat, dengan Tier Satu menjadi yang teratas dari setiap peringkat.

Rookie

- Tier Satu

- Tier Dua

Bronze

- Tier Satu

- Tier Dua

- Tier Tiga

- Tier Empat

- Tier Lima

Silver

- Tier Satu

- Tier Dua

- Tier Tiga

- Tier Empat

- Tier Lima

Gold

- Tier Satu

- Tier Dua

- Tier Tiga

- Tier Empat

- Tier Lima

Platinum

- Tier Satu

- Tier Dua

- Tier Tiga

- Tier Empat

- Tier Lima

Pada mode ini, duelist juga bisa mengalami naik atau turun peringkat. Pemain akan naik peringkat setelah memenangkan sejumlah Duel Standar, format dasar yang digunakan untuk Ranked Duel. Semakin banyak kalian menang terlebih secara berturut-turut, maka semakin mudah untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebaliknya, jika kalian kehilangan terlalu banyak poin berturut-turut akan mengakibatkan penurunan peringkat. Tiap poin pengurangan yang kalian dapat dari satu kekalahan akan berbeda-beda tiap peringkat. Satu-satunya area di mana kalian aman dari penurunan peringkat adalah di Rookie. Di tingkat itu, kalian dapat naik peringkat bahkan setelah kalah karena di situlah semua duelist dimulai.

Sama seperti kebanyakan game lainnya, mode peringkat Master Duel akan dibagi menjadi beberapa musim. Ini akan memberikan batasan waktu berapa lama pemain harus naik peringkat dan mendapatkan hadiah. Setelah musim berakhir, peringkat akan di-reset.

Berdasarkan musim pertama, Konami berencana untuk mempersingkat musim peringkat, dengan musim pembukaan saat ini hanya akan berlangsung hingga 31 Januari 2022. Jika itu bertahan, pemain harus secara konsisten meraih kemenangan agar bisa mencapai tingkat Platinum.

Sementara itu, hadiah peringkat kemungkinan akan berubah setiap musimnya. Kalian masih bisa mendapat hadiah setiap kali mencapai tingkat atau peringkat baru untuk pertama kalinya.

Untuk mencapai Rookie Tier satu, kemungkinan peringkat pertama di Duel Peringkat, kalian akan mendapatkan 300 Gems. Setelah itu, setiap kenaikan peringkat kalian akan mendapat 200 Gems, dan setiap kali mencapai tingkat baru, kalian akan mendapatkan 100 Gems.(*)

Artikel Terkait
Esports
Apa Itu Meta di Yu-Gi-Oh! Master Duel? Begini Penjelasannya

Esports
Buat Summon Kartu Baru, Ini Cara Dapatkan Crafting Point di YuGiOh Master Duel

Esports
Buruan Download! YuGiOh Master Duel versi Mobile Sudah Dirilis