Esports

Apa Itu Meta di Yu-Gi-Oh! Master Duel? Begini Penjelasannya

Ridho

Posted on January 25th 2022

Konami benar-benar memberikan pengalaman bermain yang berbeda bagi para pemain Yu-Gi-Oh Master Duel. Terlebih, game esports ini dirancang untuk para pemain Trading Card Game (TCG) dan Oficial Card Game (OCG). Sejak dirilis ada beberapa pertanyaan dari para pemain card game. salah satunya apa itu meta di Yu-Gi-Oh! Master Duel?

Sebagai informasi, dalam dunia game kartu virtual, TCG dan OCG punya perbedaan yang hampir tipis. TCG adalah card game yang bisa kalian gunakan untuk bermain dan juga menjual kartu tersebut ke orang lain jika kartu itu memiliki rarity (nilai) yang tinggi. Kartu TCG biasanya berbahasa inggris karena dan bisa digunakan di mana saja.

Sedangkan OCG adalah jenis yang sama dengan TCG tetapi perbedaannya adalah dari segi bahasa. Jika TCG menggunakan bahasa internasional (Inggris), maka OCG menggunakan bahasa oficial dari card game tersebut yang biasanya dari jepang. Bahkan, OCG mendapat update paling cepat daripada TCG.

Saat diluncurkan, Master Duel menampilkan daftar lebih dari 10.000 kartu dan menggunakan versi unik dari daftar kartu Forbidden dan Limited yang menggabungkan elemen TCG dan OCG. Serta memberikan kesempatan kepada para duelist untuk memainkan deck dan strategi yang berbeda.

Sebagian besar deck yang akan kalian lihat di bagian atas peringkat mode Ranked Duel akan mencerminkan meta saat ini baik di TCG dan OCG. Tetapi, ada lebih banyak kebebasan bagi pemain untuk bereksperimen dan mengembalikan strategi lama. Ada juga aspek penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika memikirkan meta Master Duel, yakni soal pemain baru dan lama.

Dengan aksesibilitas Master Duel, sejumlah pemain yang telah absen lama dari Yu-Gi-Oh! Memilih meta lawas. Meta itu akan menghasilkan peringkat yang lebih rendah yang diisi dengan arketipe nostalgia seperti kartu Dark Magician, Blue-Eyes White Dragon, dan Exodia.

Sementara jika menilik para pemain dengan peringkat tinggi, maka mereka akan memainkan meta yang benar-benar unik atau baru di Master Duel. Di antaranya adalah menjalankan variasi Drytron, Tri-Brigade, Zoodiac Tri-Brigade, Pure Zoodiac, dan Virtual World. Dek lain seperti Prankkids, variasi Shaddoll Invoked Dogmatika, Bird-Up! (Tri-Brigade/Lyrilusc), dan Adamancipator juga akan ada di sana.

Saat naik dari Peringkat Rookie ke Platinum, kalian kemungkinan akan sering menghadapi meta Sky Striker dan Eldlich. Sky Striker adalah arketipe populer dengan beberapa meta viabilitas dan Eldlich adalah strategi yang dapat dipelajari dengan mudah oleh pemain yang kembali karena beberapa build tidak memerlukan kombo yang ekstensif atau penggunaan Extra Deck untuk menang.

Ada juga outlier seperti Salamangreat dan Thunder Dragon. Keduanya memiliki banyak potensi sebagai deck yang mudah dibangun dengan upside yang tinggi. Akan tetapi, meta itu tidak memiliki daya tahan yang sama dengan beberapa opsi teratas.

Jadi, Meta di Master Duel adalah tentang bagaimana seorang pemain mengatur deck dan menciptakan sistem baru melalui kartu yang dimiliki. Meta ini bisa berbeda tiap pemain. Terpenting, kalian harus tahu cara mengatur deck dan pintar membaca situasi pertandingan, agar mulus menuju peringkat Platinum.(*)

Artikel Terkait
Esports
YuGiOh Master Duel Hadirkan Fitur Duel Pass, Ini Daftar Hadiahnya

Esports
Buruan Download! YuGiOh Master Duel versi Mobile Sudah Dirilis

Esports
Buat Summon Kartu Baru, Ini Cara Dapatkan Crafting Point di YuGiOh Master Duel