Current Issues

Kita Tidak Perlu Tidur 8 Jam Per Malam

Tidur yang harusnya 8 jam per malam itu cuma mitos.

Ilham Kape

Posted on October 2nd 2018

Sering kali kita mendengar bahwa, “Setiap orang membutuhkan 8 jam tidur per malam”. Tapi statement itu nggak bisa diterima gitu oleh para pelajar, apalagi mahasiswa sebab tugas sering kali datang tanpa dijemput. Belum lagi deadline makalah yang suka dadakan kayak tahu bulat.

Kalian tahu nggak sih, ternyata setiap orang tidak perlu membutuhkan waktu selama 8 jam per malam untuk tidur, lho! Dr. Daniel F. Kripke seorang MD dan Profesor Psikiatri yang mengkhususkan diri dalam penelitian mengenai tidur, tidak menemukan alasan yang berhubungan dengan alasan kesehatan untuk tidur lebih lama dari 6,5 jam per malam. Tidak tahu di mana mitos tidur 8 jam per malam berasal, tapi itu salah besar.

Data yang mereka gunakan dari Cancer Prevention Study II (CPSII) yang berasal dari American Cancer Society bahkan menunjukkan bahwa tidur sekitar 5 jam per malam sedikit lebih aman daripada tidur 8 jam.

Setiap manusia pasti butuh tidur karena tidur itu banyak sekali manfaatnya. Pada dasarnya tingkat tidur kita dilihat dari kualitasnya daripada kuantitasnya. Bila kita tidur nyenyak dan tenang, dapat membantu kita menurunkan berat badan, memperbaiki suasana hati, menambah kekuatan otot, dan pastinya bisa membuat kita hidup lebih lama.

Sayangnya, kehidupan kita yang penuh dengan tekanan, tantangan dan pikiran kadang membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Apalagi untuk para mahasiswa yang kebanyakan pikiran untuk memikirkan tugas-tugas dan doi (kalo punya) hehehe.

Jadi untuk kalian semuanya yang tidur kurang dari 8 jam tidak usah mempermasalahkan itu karena lebih baik tidur 5 jam tapi memiliki kualitas yang bagus. Walaupun lebih baik tidur 5 jam, kita juga harus menggunakan waktu secara bijak. Jangan cuma buang-buang waktu aja lalu tidurnya 5 jam. Sayang waktunya.

Kita bisa membagi waktu-waktu penting untuk melakukan kegiatan setiap harinya dan menjadwalkan tidur kita supaya kita bisa tidur nyenyak dan aman untuk kesehatan.

Yuk, kerjakan tugas dan atur waktu kita secara bijak! :)

Related Articles
Interest
Ini Dia Empat Cara yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Cepat Tidur!

Interest
Ini Dampak yang Kamu dapat Kalau Sering Kurang Tidur!

Current Issues
World Cancer Day: Yoga dan Ayurveda untuk Merawat Pasien, Kok Bisa?