Korea

Fans Kpop Anggap Seoul Music Awards 2022 Tak Lagi Kredibel

Delima Pangaribuan

Posted on January 25th 2022

Seoul Music Awards (SMA) 2022 selesai digelar dan daftar pemenang sudah diumumkan. Namun, ada banyak fans Kpop yang kurang puas sama hasil akhir penghargaan ini. Mereka menganggap SMA kurang kredibel sebagai acara penghargaan karena dugaan adanya favoritisme atau pilih kasih.

Seperti diberitakan AllKpop, SMA 2022 berlangsung pada 23 Januari 2022 di Gocheok SkyDome, Seoul. Sejumlah artis diumumkan sebagai pemenang penghargaan berbagai kategori. Antara lain NCT 127 (Grand Prize/Daesang), BTS (World Best Artist), dan NCT Dream (Best Album). 

Selain itu, sebanyak 13 artis juga memenangkan Main Prize. Antara lain Kang Daniel, THE BOYZ, BTS, Brave Girls, SEVENTEEN, IU, aespa, ATEEZ, ENHYPEN, Oh My Girl, Lim Young Woong, Heize, dan NCT 127.

Nah, hasil ini mencurigakan menurut sejumlah warganet. Terutama pada bagian Grand Prize dan Main Prize. Pada sebuah komunitas online, mereka berdiskusi bahwa Grand Prize seharusnya didapatkan oleh artis lain yang lagunya masuk chart tahunan. "Ini sungguh-sungguh lucu karena pemenang Grand Prize nggak pernah masuk musik chart tahunan," komentar seorang warganet, merujuk pada NCT 127.

"Beberapa tahun lalu, mereka membedakan Grand Prize dan sekarang mereka memberikan Grand Prize kepada grup yang nggak pernah masuk chart tahunan pada tahun ini. Aku masih lebih terima kalau mereka memberikan Grand Prize pada Lim Young Woong," komentar yang lain.

Yang lainnya mengatakan bahwa kelihatannya SMA 2022 ini memiliki kecenderungan memenangkan lebih banyak artis SM Entertainment. Makanya ada yang sampai mengganti nama SMA 2022 dengan julukan 'SMMA' (SM Music Awards). 

"Sejujurnya, SMA sekarang ada di level yang sama dengan AAA (Asian Artist Awards) dan The Fact Awards, tapi karena beberapa alasan aneh, SMA masih dianggap lebih prestisius," tulis warganet lainnya. Ada juga yang menilai aneh karena Main Prize disabet oleh terlalu banyak artis. Sampai 13 nama, lho.

SMA sendiri merupakan acara penghargaan tahunan yang diselenggarakan Sports Seoul untuk bidang musik. Pemenangnya ditentukan berdasarkan penghitungan voting seluler (20%), polling popularitas Sports Seoul (10%), penjualan album dan download digital (40%), serta penilaian juri (30%). Khusus untuk Popularity Award, juaranya 100% ditentukan dari polling popularitas.

Gimana menurut kalian setelah melihat komen-komen di atas, Sobat Kpopers MainMain? Apa iya SMA udah nggak kredibel lagi sebagai acara penghargaan musik? (*)

 

(Foto: AllKpop)

Related Articles
Korea
Grup aespa Rilis Single Baru 5 Februari

Korea
Member WayV Bagikan Foto Sasaeng yang Mengganggu di Lokasi Syuting Rahasia

Korea
Doyoung NCT 127 Sebut Daesang sebagai 'Mimpi yang Sempat Pudar'