Lifestyle

5 Tips biar Pacar Sekaligus Jadi Sahabat, Hubungan Bisa Lebih Dekat

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 24th 2022

Partner, pasangan, pacar, doi, apa pun sebutannya, seharunya jadi orang yang dekat dengan kita dan bisa jadi tempat berdiskusi tentang apa pun. Nah, kalau kamu justru merasa ada tembok tak terlihat yang menghalangi perbincangan dengan si doi, coba deh tips berikut agar pasangan bisa jadi sahabat, seperti yang dilansir Psychology Today.

Terima apa adanya

Terdengar klise, tapi setiap kita pasti ingin diterima orang lain secara apa adanya. Nah, tentu si doi juga punya keinginan yang sama. Eits, tapi langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menerima dirimu sendiri dulu. Pahami bahwa setiap kita punya kekurangan dan kelebihan. Kalau kamu mampu memahami hal tersebut, kamu juga bisa memandang orang lain dengan cara yang sama.

Buat mereka merasa didengar

Apa pun yang si doi ceritakan, meski random atau nggak masuk akal, pastikan kita benar-benar mendengarkan. Jadikan diri kita itu pendengar yang baik agar mereka merasa dihargai dan bisa selalu cerita pada kita.

Hargai setiap pendapat

Mungkin kita sering dengar istilah agree to disagree. Terkadang setiap orang punya pandangan tersendiri. Kadang pandangan kita berbeda dengan orang lain. Dalam hubungan, ada baiknya sepakati bahwa gak masalah untuk berbeda pendapat.

Ini akan menjaga kita dan si doi merasa aman meski punya pendapat yang berbeda. Jadi kita bisa tahu apa yang benar-benar mereka pikirkan, bukan pendapat yang sudah di-sugarcoat demi membuat hubungan “aman”.

Komunikasikan keinginan

Mungkin si doi punya kebiasaan buruk yang mengganggu kita, entah itu suka membuang makanan, berisik ketika makan, dan lain-lain. Kalau kita merasa terganggu akan kebiasaan itu, komunikasikan tanpa mengkritisi.

Sebut kalau mereka bisa menghentikannya, kita akan sangat mengapresiasinya. Tambahkan juga kalau ada kebiasaan dari kita yang mengganggu mereka, feel free untuk dibicarakan. Kebalikannya, kalau ada sesuatu yang ingin dilakukan lebih sering seperti hangout, chat, atau lainnya, bicarakan juga.  Tanyakan juga apa ada yang mereka ingin kita lakukan buat mereka.

Habiskan waktu bersama, sediakan waktu sendiri

Menghabiskan waktu bersama memang penting buat sebuah hubungan. Jadwalkan rutin buat bertemu atau temukan aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Entah itu mabar, nonton bareng, book date, apa pun itu. Namun, perlu diingat juga bahwa kita perlu waktu me time, gak selalu bareng si doi. Me time juga bikin waktu bareng si doi lebih bermakna.

Nah, itu dia beberapa tips agar pasangan bisa sekaligus jadi bestie. Kalau kamu merasa hubunganmu Simak juga tips biar hubungan langgeng dan red flag terparah yang harus dihindari dari pasangan. (*) 

 

Sumber gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
5 Tips Biar Hubungan Bisa Langgeng, Perhatikan Red Flags yang Harus Dihindari

Lifestyle
5 Langkah biar Teman Dekat atau Pacar Bisa Lebih Terbuka dengan Perasaannya