Lifestyle

Tiga Cara Menerima Emosi yang Kita Rasakan Agar Lebih Mudah Dihadapi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 23rd 2022

Kalau lagi merasakan emosi negatif seperti cemas, sedih, atau kesal, biasanya kita cenderung berusaha buat menekan emosi tersebut atau justru menghindarinya kan? Nah, tindakan tersebut memang terdengar masuk akal, tapi sebenarnya gak sehat lho.

Emosi negatif hadir bukan hanya buat bikin kita merasa kacau. Sebenarnya emosi negatif itu penting untuk jadi modal kita belajar tentang diri sendiri dan meningkatkan kualitas hidup kita. Nah, simak tiga cara biar kita bisa berteman dengan emosi sendiri, seperti yang dilansir Psychology Today.

Sambut emosi dengan nama

Ketika emosi negatif datang, panggil nama mereka. Entah itu kesedihan, kesepian, kecemasan, kemarahan, dan lain-lain. Menyebut emosi dengan nama berarti kita menyadari kehadiran mereka dan kita mengenalinya.

Nah, langkah yang bisa kamu lakukan ketika merasakan emosi negatif adalah ambil waktu buat menginvestigasi, emosi apa yang kamu rasakan.

Ucapkan terima kasih sudah berkunjung

Anggap emosi yang kita rasakan sebagai tamu. Tentunya harus disambut baik dong. Umumnya kalau kita menyambut tamu, kita pasti mendengarkan mereka, ngobrol, dan pastinya bukan sibuk mengerjakan hal lain. Misal pas kita merasa cemas akan pandemi, jangan langsung search berita tentang angka Covid-19. Agak gak sopan sama tamu kan ya.

Kamu bisa coba berkata dalam hati seperti ini, “Halo, kecemasan! Aku paham kok kamu hadir biar menjaga aku tetap aman. Terima kasih ya sudah datang.”

Dengarkan dan ambil langkah

Kadang emosi negatif datang buat memberi pesan tertentu. Pesan ini bisa kita sadari kalau kita benar-benar mendengarkan. Emosi memang memengaruhi kita, tapi kita yang menentukan apa yang bisa kita lakukan.

Kamu bisa coba berkata dalam hati seperti ini, “Kesepian, terima kasih sudah datang dan mengingatkan kalau aku bisa ikut hangout bareng teman hari ini.” Bisa juga dengan begini, “Kecemasan, aku tahu kamu hadir buat menjagaku tetap aman, tapi aku tahu aku bisa melakukannya.”

Nah, itu dia beberapa cara untuk menerima emosi sehingga bisa lebih ringan untuk dilewati. Kalau kamu merasakan emosi negatif secara intens dan memengaruhi keseharianmu, gak ada salahnya buat berkonsultasi ke tenaga profesional untuk mendapatkan bantuan. (*) 

Foto: pch.vector/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
Kenapa Kita Secara Spontan Ganti Bahasa saat Bicara tentang Perasaan?

Lifestyle
5 Cara Mengekspresikan Emosi saat Bingung dengan Perasaan Sendiri

Lifestyle
4 Kesalahan dalam Menghadapi Emosi, Sering Banget Ditemui Sehari-Hari