Interest

Terlalu Lama Menatap Layar Bisa Alami Computer Vision Syndrome, Apa Itu?

Dwiwa

Posted on January 22nd 2022

Ada yang pernah mendengar atau merasakan computer vision syndrome? Meski namanya terdengar asing, tapi mungkin sebenarnya sebagian besar dari kita pernah mengalami atau sedang merasakan kondisi ini. Hanya saja, kita tidak tahu apa sebutannya.

Menurut situs Kementerian Kesehatan, computer vision syndrome sendiri merupakan sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer/layar monitor yang berlebihan. Kondisi ini juga sering disebut sebagai visual fatigue dan digital eye strain.

Beberapa gejala yang biasanya dirasakan adalah adanya iritasi mata, nyeri kepala, mata menjadi buram, penglihatan menjadi ganda hingga mata merah, gatal, dan kering. Namun dalam kasus tertentu, ini juga bisa disertai nyeri pada leher dan bahu.

Menurut Healthline, ketika melihat layar, entah itu komputer, laptop, tablet maupun smartphone, mata kita perlu untuk bekerja lebih keras agar bisa fokus. Sebab, tulisan pada layar digital itu tidak setajam ketika dicetak di atas kertas. Selain itu layar juga dapat membuat silau sehingga mata harus bekerja semakin keras untuk fokus.

Seseorang lebih mungkin mengalami computer vision syndrome ketika mereka menatap layar digital selama dua jam atau lebih secara terus menerus-menerus. Faktor lain yang juga mungkin terjadi adalah terlalu sering menatap layar digital setiap hari, pencahayaan buruk, hingga jarak pandang yang tidak ideal.

Lalu bagaimana untuk menghindari terjadinya computer vision syndrome? Menurut Instagram resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, ada 10 cara yang bisa dilakukan.

1. Kedipkan mata secara berkala

2. Pastikan cahaya di kamar cukup

3. Layar komputer sebaiknya 40-75 cm dari mata

4. Pastikan posisi tempat duduk yang nyaman

5. Kemiringan antara layar komputer dan mata maksimal 20 derajat

6. Istirahatlah secara teratur setiap 20 menit

7. Menaruh materi referensi di tempat strategis

8. Gunakan filter proteksi radiasi komputer

9. Gunakan gawai maksimal 2 jam

10. Kurangi tingkat kecerahan layar

Buat yang sering seharian nonton drama, mengerjakan tugas, atau bekerja di depan layar, bisa banget nih mencoba tips di atas agar mata tetap sehat meskipun harus sering berada di depan monitor.

Pexels/cottonbro

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Kue Satu Ini Bikin Warganet Ragu Apa Mereka Sungguhan Manusia?

Interest
Jangan Ngeluh Kepanasan, Lima Tempat Ini Punya Suhu Jauh Lebih Tinggi