Entertainment

Sebelum Nonton ‘Peacemaker’ di HBO Max, Ini Cerita Asal-Usulnya!

Jingga Irawan

Posted on January 21st 2022

Peacemaker loves peace so much... dan dia akan berperang dalam serial streaming spin-off The Suicide Squad miliknya sendiri.

Dengan gaya bertarung brutal dan sikap konyol yang aneh, Peacemaker —yang diperankan John Cena— dianggap paling menonjol di antara adaptasi superhero modern karena sifat aneh dari kepribadiannya, dan tampilannya yang terinspirasi oleh buku komik empat warna.

Peacemaker tayang perdana di HBO Max pada 13 Januari, dan sekarang sudah berjalan tiga episode gengs. Bagi kalian yang penasaran mengapa gayanya sangat jadul dan aneh, berikut beberapa fakta yang perlu kalian ketahui!

Punya Tampilan yang Sama Persis Seperti Buku Komik

Sekilas Peacemaker terlihat mirip dengan Punisher DC, sosok main hakim sendiri yang kejam dan bersenjata dengan sifat yang hampir tak dapat dipahami. Tapi masa lalu Peacemaker memiliki beberapa waktu kelam yang membuatnya lebih aneh dan brutal.

Pertama kali muncul pada tahun 1966 —bukan dari DC tetapi dari Charlton Comics— Peacemaker asli bernama Christopher Smith, seorang pendiam yang dedikasinya penuh pada ide 'perdamaian' membawanya untuk mengambil senjata dan dengan keras menekan orang-orang yang dia anggap sebagai penghasut perang bersama organisasi penjaga perdamaiannya, Institut Pax.

Namun, asal-usul itu sedikit berubah ketika DC membeli hak atas superhero Charlton Comics, termasuk Peacemaker, Blue Beetle, Captain Atom, The Question, Nightshade, Thunderbolt, dan Judomaster. Ditunjuk sebagai penghuni Earth-4 di Multiverse DC, para hero Charlton dimasukkan ke dalam DC setelah runtuhnya Multiverse pada Crisis on Infinite Earths tahun 1985.

Meskipun dia mempertahankan penampilannya dan beberapa aspek karakternya, yang diperkenalkan dalam seri terbatas Peacemaker miliknya sendiri, ia merupakan seorang main hakim sendiri yang kejam dan mengalami gangguan psikologis ketika dia mengetahui ayahnya diam-diam merupakan seorang Nazi yang menjalankan kamp kematian selama perang.

Ia percaya dirinnya dihantui oleh ayah Nazi-nya dan semua orang yang pernah dibunuh ayahnya. Kenapa dia terus memakai helm? Smith juga percaya helm khasnya adalah wadah untuk semua roh itu, yang terkadang berbicara dengan Smith untuk menawarkannya kebijaksanaan atau strategi.

Terlepas dari kondisi mental dan kekerasannya yang ekstrem, Smith direkrut sebagai agen organisasi DC bayangan, Checkmate, sebagai penegak hukum.

Itu adalah versi Peacemaker yang menjadi dasar penggambaran John Cena dalam The Suicide Squad.

Smith secara singkat digantikan sebagai Peacemaker oleh seorang agen dari sebuah kelompok yang disebut Pax Institute (diambil dari petualangan Peacemaker tahun 60-an) bernama Mitchell Webb, namun, Smith akhirnya kembali dari kematian dan mendapatkan sedikit penebusan bekerja bersama Jaime Reyes/Blue Beetle , pewaris identitas Charlton Comics lainnya.

Peacemaker telah muncul di DC Universe beberapa kali sejak beberapa aspek kontinuitas ini dijatuhkan dan ditulis ulang pada reboot 2011, terutama di Multiversity: Pax Americana dan Doomsday Clock, di mana DC Universe dan kontinuitas Watchmen bersilangan.

Peacemaker versi Series TV

Kisah film Peacemaker cukup mirip dengan asal buku komiknya, dengan sedikit perubahan. Untuk satu hal, ayahnya bukan seorang Nazi. Meskipun menurut trailer, dia adalah orang yang sangat jahat, dan dia berakhir di penjara.

Dan untuk yang lain, helmnya belum terbukti memiliki sifat paranormal, meskipun sebuah adegan dari salah satu trailer menunjukkannya bersinar seperti suar, berpotensi ada satu kekuatan lebih yang belum kita ketahui sejauh ini.

Menyusul peristiwa The Suicide Squad, di mana Peacemaker menyalakan seluruh timnya atas perintah Amanda Waller, yang mengakibatkan Peacemaker dibiarkan mati oleh Bloodsport, Peacemaker direkrut ke dalam program khusus sebagai operatif solo.

Sementara acara HBO Max Peacemaker memperluas jagat film DC, sulit untuk mengatakan bagaimana atau apakah cerita yang diceritakan dan karakter baru yang diperkenalkannya akan bersinggungan dengan film DC lainnya, karena kelanjutan dan ketergantungan antara film DC agak diragukan.

Peacemaker adalah tambahan anggota baru di Suicide Squad, tetapi tim ini memiliki sejarah sendiri selama puluhan tahun. Nah, bagi kalian yang akan menonton Peacemaker, pastikan sudah melihat The Suicide Squad ya! (*)

Foto: HBO Max

Related Articles
Entertainment
‘Peacemaker’ Pecahkan Rekor Penayangan Menjelang Produksi Season 2

Entertainment
Penjelasan Ending ‘Peacemaker': Teman atau Perdamaian, Mana yang Didahulukan?

Entertainment
James Gunn Minta John Cena Tak Bawa Pulang Kostum Peacemaker ‘The Suicide Squad’