Korea

Mitos 7 Tahun K-pop: Grup Mana yang Bubar atau Kehilangan Member Tahun ini?

Delya Oktovie Apsari

Posted on January 21st 2022

Jika grup idol kesayangan sudah memasuki tahun ketujuh, penggemar mulai diselimuti rasa gugup. Hal ini tentu bukan tanpa sebab. Bahkan, ungkapan 'mitos tujuh tahun' alias 'seven-year jinx' sudah sering diungkapkan.

Mengapa tujuh tahun? Kebanyakan idol menandatangani kontrak mereka yang berlangsung selama tujuh tahun. Angka ini merupakan periode maksimal yang disepakati agensi dan artisnya.

Mitos tujuh tahun pun muncul akibat banyaknya grup yang bubar ataupun kehilangan member ketika masa pembaruan kontrak. Tahun ini, The Korea Herald mencatat, setidaknya ada tujuh grup yang kontraknya memasuki tahun ketujuh di tahun 2022.

Grup-grup yang dimaksud adalah Twice, Monsta X, Day6, Oh My Girl, iKon, April dan CLC. Beberapa grup yang disebutkan sudah memiliki member yang keluar dari grup sebelum mencapai tujuh tahun. Ada pula yang memiliki permasalahan fisik maupun personal sehingga harus hiatus dari grup.

Jika kita membicarakan Twice, dari rekam jejak rekor penjualan dan popularits, mereka tampak aman. Akan tetapi, JYP Entertainment punya kebijakan yang membatasi promosi individu. Twice memang didahulukan melakukan apapun dalam format grup.

Bila ada member Twice yang keberatan soal ini dan JYP tidak mengubah ketentuan, bukan tidak mungkin jika ada member yang mundur.

Sama seperti Twice, performa Monsta X juga tengah berada di puncak -- baik domestik maupun internasional. Mereka juga menjadi satu-satunya artis Korea yang diundang tur Jingle Ball iHeart Radio selain BTS. 

Saat ini, leader Monsta X, Shownu, sedang menjalani wajib militer. Member-member lain juga harus segera wamil dalam beberapa tahun ke depan. Ini mungkin bakal jadi bahan pertimbangan serius bagi Monsta X dan Starship. Tetapi, banyak juga grup yang tetap memperbarui kontrak meski banyak anggota hiatus.

Grup dengan situasi yang agak 'menegangkan' mungkin iKon, Day6, April dan CLC. Selama tujuh tahun berapa di bawah naungan YG, promosi iKon belum maksimal di mata penikmat K-pop. Kesuksesan masif mereka dengan Love Scenario di tahun 2018 belum ada tandingannya lagi. Apalagi, iKon juga cenderung jarang merilis karya baru.

YG memang sudah 'berusaha' mempromosikan iKon lewat partisipasi mereka di Kingdom. Bobby pun berhasil menaikkan kembali nama mereka lewat Full DaSH yang viral di Korea. Sayangnya, momentum ini juga tak kunjung diikuti dengan comeback yang dinanti-nanti.

Selain permasalahan promosi untup-untup, leader iKon, Bobby, juga telah menikah. Meski banyak idol yang masih promosi walau sudah menikah, tetapi dalam format grup sepertinya akan sulit. But, we'll never know. Mari berharap yang terbaik untuk semua member.

Selanjutnya, kontrak Day6 mungkin jadi yang paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Pasalnya, salah satu member mereka, Jae, telah mengakhiri kontrak dengan agensi terlebih dahulu. Usai keluar dari JYP, Jae juga mengatakan kalau situasi Day6 belum jelas. Meski berjanji jika Day6 akan satu panggung lagi, Jae memberi 'petunjuk' kalau bisa jadi, mereka tampil dengan nama yang berbeda. (*)

Photo: Various Source

Related Articles
Korea
6 Boy Group Kpop yang Kontraknya Berakhir pada 2022

Korea
Deretan Lagu KPop English Version yang Sayang Kalian Lewatkan

Korea
Deretan Idol Group KPop yang Bakal Ramaikan Konser Virtual TikTok