Entertainment

Lorde Menyesal Pergi ke Antartika Meski Dapat Inspirasi Album ‘Solar Power’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 21st 2022

Antartika mungkin nggak terdengar seperti destinasi wisata yang menjanjikan. Namun, Lorde punya ketertarikan sendiri untuk mendatangi daerah penuh es itu. Sayangnya keputusannya itu berakhir dengan penyesalan.

Lorde membeberkan detail perjalanannya ke Antartika dalam podcast Divine Frequency. Penyanyi kelahiran 25 tahun lalu itu menyebut bahwa ia memang sudah kagum dengan Antartika sejak kecil. Pelantun Team ini memandangnya sebagai tempat yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup selagi masih mampu.

Lorde mengakui bahwa kunjungan lima hari itu merupakan “lima hari terbaik sepanjang hidup”, tapi menyadari suatu hal. Ketika sudah sampai di sana, ia sadar bahwa seharusnya ia nggak melakukannya karena menghasilkan dampak buruk buat lingkungan. Dari emisi bahan bakar pesawat dan energi-energi lain, misalnya.

“Mengalami langsung berada di sana membuatku sadar, ‘Oh, tidak. Kamu gak bisa berjalan-jalan seenaknya seperti ini. Hal ini justru kebalikan dari apa yang harus kamu lakukan,’” ungkapnya.

“Mungkin aku seharusnya gak pergi ke Antartika. Aku hanya seorang bintang pop dan tidak terpuji rasanya memanfaatkan sumber daya yang kumiliki untuk pergi ke sana. Namun, aku menulis buku dan hasilnya disalurkan ke beberapa beasiswa untuk gelar doktor di jurusan ilmu iklim, jadi kurasa itu cara yang baik untuk menebusnya. […] Aku tidak akan melakukannya lagi. Idenya sudah gila sedari awal,” ujarnya.

Meski akhirnya menyesal, Lorde mendapat inspirasi buat album terbarunya, Solar Power, dari perjalanan tersebut. Antartika memang diselimuti es, tetapi kondisinya memburuk karena perubahan iklim membuat banyak es mencair.

“Aku langsung menentukan judul album setelah perjalanan tersebut. Aku langsung yakin,” ujarnya pada Newshub. Nggak heran Solar Power banyak menyinggung fenomena lingkungan, misalnya di lagu Solar Power, Fallen Fruit, dan Leader of a New Regime. Well, mari kita nantikan karya-karya baru dari Lorde~

 

Sumber gambar: Republic Records

Related Articles
Entertainment
Lorde Rilis MV ‘Fallen Fruit’, Gambarkan Kekacauan Jika Alam Tak Terjaga

Entertainment
Lorde Ungkap ‘Solar Power’ Jadi Kali Pertama Kontribusinya Benar-Benar Dihargai

Entertainment
Lorde Bakal Rilis Album Baru ‘Solar Power’ Tanpa CD Demi Jaga Lingkungan