Tech

Google Bikin Headset AR, Kabarnya Dirilis pada 2024

Jingga Irawan

Posted on January 21st 2022

Meta mungkin dikenal sebagai perusahaan paling terdepan dalam yang membangun perangkat keras augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Begitu juga dengan Microsoft yang memiliki HoloLens. Apple juga sedang mengerjakan sesuatu. Dan sekarang Google sudah mengikuti hal itu juga.

Ya, Google baru-baru ini mulai dikabarkan sedang mengerjakan headset AR, dengan nama kode Project Iris. Produk itu diharapkan akan dikirim pada 2024.

Seperti headset dari Meta dan Apple, perangkat Google juga menggunakan kamera menghadap ke luar untuk memadukan grafik komputer dengan tampilan video dari dunia nyata, menciptakan pengalaman realitas campuran yang lebih mendalam daripada kacamata AR yang ada seperti Snap dan Magic Leap.

Prototipe awal yang sedang dikembangkan di fasilitas di San Francisco Bay Area menyerupai sepasang kacamata ski.

Headset Google masih dalam tahap awal pengembangan tanpa strategi pasar yang jelas. Perangkat keras ini ditenagai oleh prosesor Google khusus, seperti smartphone Google Pixel terbarunya, dan berjalan di Android, meskipun perusahaan itu disebut sedang mengerjakan OS unik baru.

Project Iris menandai kembalinya kategori perangkat keras di mana Google memiliki sejarah panjang. Dimulai dengan debut Google Glass yang heboh dan bernasib buruk pada tahun 2012. Dan kemudian upaya bertahun-tahun untuk menjual headset VR secara diam-diam gagal di 2019.

Sementara itu, Mark Zuckerberg telah mempertaruhkan perusahaannya pada AR dan VR, mempekerjakan ribuan orang dan mengubah citra dari Facebook menjadi Meta. "Metaverse" telah menjadi kata kunci yang tak terhindarkan. Dan Apple sedang menyiapkan headset realitas campurannya sendiri paling cepat akhir tahun ini.

Project Iris merupakan rahasia yang dijaga ketat di dalam Google. Tim inti yang mengerjakan headset ini berjumlah sekitar 300 orang, dan Google berencana untuk mempekerjakan ratusan orang lagi. (*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Apple Dirumorkan Luncurkan Headset AR/VR

Tech
Untuk Pertama Kalinya dalam Sejarah, Facebook Kehilangan Banyak Pengguna Harian

Tech
Facebook Bakal Habiskan Dana Rp 142 Triliun Untuk Divisi Metaverse