Tech

Twitter Luncurkan Verifikasi Foto Profil NFT

Jingga Irawan

Posted on January 21st 2022

Penggemar cryptocurrency biasanya menggunakan NFT (non-fungible token) sebagai gambar profil di Twitter, tetapi sebagian dari mereka mungkin masih ragu apakah kepemilikan aset digital itu tak bisa diambil oleh orang lain.

Kalian mungkin memiliki NFT monyet kartun sebagai foto profil, tetapi tak menutup kemungkinan bahwa orang lain juga akan memakainya. Nah, sekarang, Twitter telah merilis mekanisme verifikasi resmi untuk gambar profil NFT.

Twitter mengatakan, pada September mereka akan menambahkan fitur bagi pengguna untuk memamerkan NFT-nya. Dan sekarang, fitur tersebut sudah aktif. Namun masih sebatas untuk pelanggan berbayar Twitter Blue (seharga USD 2,99) serta menggunakan perangkat iOS.

Gambar profil NFT dapat dilihat sebagai integrasi teknologi luar biasa yang menambahkan utilitas nyata untuk item digital terverifikasi.

Kalian bisa menautkan dompet Ethereum ke akun Twitter, lalu kemudian kalian akan disajikan daftar NFT yang kalian miliki. Pilih NFT sebagai foto profil dan kalian akan mendapatkan bingkai heksagonal baru.

Jika orang lain mencoba menggunakan NFT milik kain sebagai gambar profil mereka, mereka masih dapat menggunakan gambar tersebut, tetapi mereka tak akan mendapat bingkai heksagonal, melainkan lingkaran biasa. Itu juga akan terlihat sangat palsu.

Saat diluncurkan, Twitter mendukung beberapa dompet crypto yang dapat dihubungkan pengguna ke profil dan memverifikasi NFT: Argent, Coinbase Wallet, Ledger Live, MetaMask, Rainbow, Trust Wallet.

Dan karena Twitter mengambil NFT pengguna dengan API dari pasar online OpenSea, itu secara efektif membangun hubungan pihak ketiga ke dalam proses verifikasinya, bukan hanya berinteraksi langsung dengan blockchain. Jika OpenSea turun, Twitter mungkin mengalami masalah saat memuat gambar-gambar.

Proses verifikasi NFT Twitter merupakan upaya untuk menjaga penggemar crypto di Twitter. Meskipun Jack Dorsey —mantan CEO Twitter— merupakan salah satu kritikus paling menonjol dari Web 3. Ia masih menjadi penggemar berat Bitcoin, yang menurutnya dapat “menghasilkan perdamaian dunia."

NFT dan Bitcoin cenderung tak bersatu, setidaknya belum. Karena besar aksi di sektor NFT telah terjadi di dalam dan di sekitar blockchain Ethereum. Tetapi Jack Dorsey tampaknya mendukung NFT.(*)

Foto: Twitter

Related Articles
Tech
Kenapa Orang Rela Habiskan Miliaran Uang untuk Beli NFT?

Tech
Barbershop pun Terima Pembayaran Bitcoin, Bagaimana Masa Depan Crypto?

Tech
Facebook dan Instagram Punya Rencana untuk Pengguna Bikin dan Jual NFT