Esports

Yu-Gi-Oh! Master Duel Usung Cross Platform, Ini Cara Tautkan Akun ke Konami ID

Ridho

Posted on January 20th 2022

Konami ikut meramaikan pasar game esports dengan merilis game Yu-Gi-Oh! Master Duel. Game yang jadi upgrade dari Yu-Gi-Oh! Duel Links itu sudah bisa diunduh untuk semua platform sejak Rabu 19 Januari 2022. Melalui game ini, Konami memberi pemain cara baru untuk berduel menggunakan format tradisional di platform digital.

Yu-Gi-Oh! Master Duel sendiri sudah tersedia di PlayStation 4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Steam, Nintendo Switch, dan Mobile. Namun, ada pertanyaan yang menyelimuti para pemainnya. Yakni soal batasan permainan.

Game Yu-Gi-Oh! Master Duel dirancang sebagai pengalaman baru untuk Trading Card Game (TCG) dan Oficial Card Game (OCG). Sehingga, akan memberikan pengalaman kompetisi terbesar Yu-Gi-Oh! yang menampilkan lebih dari 10.000 kartu. Hal yang mengejutkan adalah Konami akan mempersiapkan game ini sebagai segmen resmi untuk Yu-Gi-Oh! World Championship series. Artinya, game ini akan menjadi tuan rumah acara kompetitif dan kasual secara global.

Dengan mengingat hal itu, Konami tidak akan membatasi basis pemainnya hanya pada satu platform saja. Konami juga telah menerapkan sistem cross-progression di semua perangkat yang memenuhi syarat menggunakan Konami ID. Bersamaan dengan crossplay diaktifkan, pemain di satu platform dapat bermain melawan pengguna di platform lain.

Jadi, jika seseorang memiliki game yang diunduh di Steam, mereka dapat bersaing dengan Duelist lain di platform console dan mobile. Langkah itu akan memudahkan siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam Ranked Mode nantinya.

Akan tetapi ada batasan yang diberikan oleh Konami. Batasan itu berupa para pemain tidak dapat melakukan jual beli Diamonds antar pemain di seluruh platform. Karena, Konami memberikan pembatasan pembelian dalam game. Jadi, selama kalian menautkan akun game pada Konami ID, kalian bebas memainkan di berbagai platform.

Bagi kalian yang belum tahu cara menautkan akun game Yu-Gi-Oh! Master Duel pada Konami ID, berikut langkahnya.

- Unduh Yu-Gi-Oh! Master Duel

- Setelah itu buka game Yu-Gi-Oh! Master Duel

- Jika sudah, berikan nama untuk akun kalian melalui menu pengaturan

- Kemudian, masuk ke menu Transfer Data.

- Ikuti instruksi dengan membuka tautan yang diberikan kepada kalian, hubungkan info pengguna Master Duel milik kalian dengan ID Konami.

Jadi jika kalian ingin mengunduh Yu-Gi-Oh! Master Duel di perangkat lain, kalian bisa melanjutkan progres di platform sebelumnya. Konami bahkan akan memberikan peringatan bahwa kalian telah menyimpan data sebelumnya di perangkat lain. Kalian hanya perlu mengaktifkan Transfer Data, yang dapat dilakukan dari tampilan menu judul melalui fitur opsi.

Setelah kalian menyelesaikan proses ini, kalian dapat membuka Yu-Gi-Oh! Master Duel di kedua perangkat dan langsung memiliki akses ke data simpanan. Tapi ingat, kalian hanya dapat masuk ke satu perangkat dalam satu waktu.(*)

Baca juga: Wajib Disimak! Konami Pastikan Game Yu-Gi-Oh! Master Duel Free to Play

Artikel Terkait
Esports
Wajib Disimak! Konami Pastikan Game Yu-Gi-Oh! Master Duel Free to Play

Esports
Sudah Dirilis! Yugioh Master Duel Bisa Diunduh di Semua Platform

Esports
Yu-Gi-Oh! Master Duel Capai 20 Juta Unduhan, Konami Berikan Hadiah Ini...