Current Issues

Lawan Omicron, AS Sediakan 400 Juta Masker N95 dan Alat Tes Covid-19 Gratis

Dwiwa

Posted on January 20th 2022

Sebanyak 400 juta masker N95 bakal tersedia gratis di Amerika Serikat. Hal ini terungkap dari cuitan Gedung Putih di Twitter pada Rabu (19/1) yang mengatakan jika pemerintah AS akan menyediakan masker N95 secara gratis di apotek dan pusat kesehatan yang diambil dari Strategic National Stockpile.

Dilansir dari The Verge, pengumuman ini muncul tak lama setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengakui bahwa masker kain yang saat ini banyak digunakan orang tidak melindungi dari penularan virus Covid-19 -terutama varian Omicron- sebaik masker N95 atau KN95.

Sejumlah ahli bahkan berpendapat masker kain sangat tidak efektif melawan varian Omicron yang sangat menular dari virus Covid-19 yang telah menyebabkan lonjakan kasus dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut CDC, masker N95 dibuat dengan beberapa lapisan bahan yang memiliki filter lebih baik daripada masker kain. Selain itu, masker jenis ini juga lebih pas saat dipakai dibanding masker non bedah atau penutup wajah lainnya.

Pesan yang disampaikan oleh pejabat kesehatan AS soal masker N95 sebenarnya cukup membuat rakyat Amerika Serikat bingung. Pedoman CDC pada April 2020 merekomendasikan orang-orang AS untuk memakai penutup kain sederhana,

Aturan ini berubah dari sebelumnya yang tidak menganjurkan penggunaan masker bagi masyarakat kecuali hanya untuk mereka yang sakit parah atau penyedia layanan kesehatan. Bahkan panduan tersebut juga melarang masyarakat umum untuk menggunakan masker bedah dan N95 karena diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Sementara itu Wall Street Journal  melaporkan masker gratis ini akan mulai tersedia di apotek dan pusat kesehatan masyarakat mulai minggu depan. Sedangkan program ini akan berjalan penuh pada awal Februari di mana setiap orang mendapat tiga masker.

Tidak hanya masker N95 gratis, pemerintahan Presiden Joe Biden juga telah menyediakan alat tes Covid-19 rumahan secara cuma-cuma untuk masyarakatnya. Setiap rumah tangga bisa memesan 4 alat tes gratis ini melalui situs web pemerintah dan akan langsung dikirim ke rumah.

Kira-kira di Indonesia juga bakal ada kayak gini nggak ya? (*)

Foto: Pexels/CDC

Related Articles
Current Issues
CDC Sebut Masker Ini Paling Ampuh untuk Mencegah Penyebaran Omicron

Current Issues
Bisa Nggak Sih Masker N95 dan KN95 Digunakan Kembali?

Current Issues
Jangan Coba-coba Terkena Covid, Meski Sudah Divaksin